Tutorial Membuat Laman Kategori di WordPress

WordPress adalah salah satu platform terpopuler untuk membuat situs web dan blog. Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengelola berbagai jenis konten, termasuk kategori. Kategori adalah cara yang bagus untuk mengorganisir konten Anda dan membantu pengunjung situs web Anda menemukan informasi yang mereka cari.

Apakah Anda ingin menambahkan laman kategori di situs WordPress Anda? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam tutorial ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara membuat laman kategori di WordPress. Kami akan menjelaskan mengapa laman kategori penting, cara membuat dan mengatur kategori, dan bagaimana menghubungkan posting dengan kategori-kategori tersebut.

Mengapa Laman Kategori Penting?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas mengapa laman kategori penting dalam konteks situs web atau blog WordPress Anda.

Laman kategori membantu mengorganisir konten Anda menjadi kelompok-kelompok yang logis. Misalnya, jika Anda memiliki blog tentang makanan, Anda dapat membuat kategori seperti “Resep Makanan Utama”, “Makanan Penutup”, “Makanan Vegetarian”, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan laman kategori, pengunjung situs web Anda dapat dengan mudah menemukan artikel yang mereka cari berdasarkan topik atau jenis makanan.

Laman kategori juga membantu meningkatkan navigasi situs web Anda. Ketika pengunjung situs web Anda dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari, mereka akan lebih cenderung untuk tinggal lebih lama di situs web Anda dan menjelajahi kontennya. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kunjungan halaman, waktu tinggal, dan keseluruhan pengalaman pengguna.

Cara Membuat Laman Kategori di WordPress

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda membuat laman kategori di WordPress:

Langkah 1: Masuk ke Halaman Admin WordPress Anda

Untuk membuat dan mengatur laman kategori di WordPress, Anda perlu masuk ke halaman admin WordPress Anda. Masukkan alamat situs web Anda di browser dan tambahkan “/wp-admin” di akhir alamat tersebut. Misalnya, “www.situswebanda.com/wp-admin”. Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke halaman admin.

BACA JUGA  Tema WordPress untuk Blog Fashion dan Gaya Hidup

Langkah 2: Buka Tab Kategori

Setelah Anda berhasil masuk ke halaman admin WordPress, Anda akan melihat tampilan dasbor. Di sisi kiri halaman, Anda akan melihat berbagai tab dan menu. Cari dan klik tab “Kategori”. Ini akan membuka halaman pengaturan kategori di WordPress Anda.

Langkah 3: Buat Kategori Baru

Setelah Anda membuka halaman pengaturan kategori, Anda akan melihat daftar kategori yang sudah ada. Untuk membuat kategori baru, cari kotak teks yang berjudul “Nama Kategori Baru”. Ketikkan nama kategori yang ingin Anda buat di kotak teks ini. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat kategori “Resep Makanan Utama”, ketikkan “Resep Makanan Utama” di kotak teks tersebut.

Setelah itu, Anda juga dapat menambahkan deskripsi kategori jika diperlukan. Deskripsi ini akan membantu pengunjung situs web Anda memahami konten yang akan mereka temukan dalam kategori tersebut.

Langkah 4: Atur Kategori Induk

Pada tahap ini, Anda dapat memilih apakah kategori yang Anda buat adalah kategori induk atau anak. Kategori induk adalah kategori utama yang akan menampung kategori anak. Misalnya, jika Anda ingin membuat kategori “Makanan” sebagai kategori induk, dan “Resep Makanan Utama” sebagai kategori anak, Anda dapat memilih “Makanan” sebagai kategori induk untuk “Resep Makanan Utama”.

Untuk membuat kategori anak, Anda perlu memilih kategori induk di kotak dropdown yang berjudul “Kategori Induk”. Jika Anda tidak ingin membuat kategori anak, biarkan saja kotak dropdown ini tetap kosong.

Langkah 5: Simpan Kategori

Setelah Anda selesai mengatur kategori baru Anda, klik tombol “Tambahkan Kategori Baru” untuk menyimpan kategori tersebut. WordPress akan menampilkan pesan yang mengonfirmasi bahwa kategori baru Anda berhasil ditambahkan.

BACA JUGA  Plugin WordPress untuk membuat situs web afiliasi

Langkah 6: Mengedit dan Menghapus Kategori

Jika Anda ingin mengedit atau menghapus kategori yang sudah ada, Anda dapat melakukannya dengan mudah di halaman pengaturan kategori. Cari kategori yang ingin Anda edit atau hapus, dan klik ikon “Sunting” atau “Hapus” yang sesuai. Ketika Anda mengklik ikon “Sunting”, Anda dapat mengubah nama, deskripsi, atau kategori induk dari kategori tersebut. Ketika Anda mengklik ikon “Hapus”, WordPress akan meminta konfirmasi dari Anda sebelum menghapus kategori tersebut.

Menghubungkan Posting dengan Kategori

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat dan mengatur laman kategori di WordPress. Namun, untuk membuat laman kategori menjadi berguna, Anda perlu menghubungkan posting Anda dengan kategori-kategori tersebut.

Untuk menghubungkan posting dengan kategori, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Editor Posting

Masuk ke halaman admin WordPress Anda dan buka editor posting untuk posting yang ingin Anda hubungkan dengan kategori. Jika Anda ingin menghubungkan posting yang sudah ada, cari posting tersebut di daftar posting dan klik “Sunting”. Jika Anda ingin membuat posting baru, klik “Posting Baru” di halaman admin WordPress Anda.

Langkah 2: Pilih Kategori

Di editor posting, Anda akan melihat panel di sisi kanan yang berjudul “Kategori”. Di panel ini, Anda akan melihat daftar kategori yang sudah ada di situs web Anda. Untuk menghubungkan posting dengan kategori, cukup centang kotak di samping kategori yang sesuai. Anda dapat memilih satu atau lebih kategori untuk setiap posting.

Langkah 3: Simpan Perubahan

Setelah Anda memilih kategori-kategori yang sesuai untuk posting Anda, klik tombol “Simpan” atau “Terbitkan” untuk menyimpan perubahan. Posting Anda sekarang terhubung dengan kategori-kategori yang Anda pilih.

BACA JUGA  Plugin WordPress untuk Membuat Menu Megamenu

Kesimpulan

Membuat laman kategori di WordPress adalah langkah penting untuk mengorganisir konten Anda dan membantu pengunjung situs web Anda menemukan informasi yang mereka cari. Dalam tutorial ini, kami telah membahas langkah-langkah detail tentang cara membuat laman kategori di WordPress. Kami juga menjelaskan mengapa laman kategori penting, cara membuat dan mengatur kategori, dan bagaimana menghubungkan posting dengan kategori-kategori tersebut.

Dengan menggunakan laman kategori, Anda dapat dengan mudah mengorganisir dan mengelola konten Anda, meningkatkan navigasi situs web Anda, dan meningkatkan pengalaman pengguna. Selamat mencoba membuat laman kategori di WordPress Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *