Panduan Langkah demi Langkah Menggunakan Gutenberg di WordPress

Panduan Langkah demi Langkah Menggunakan Gutenberg di WordPress

Selamat datang di panduan langkah demi langkah tentang penggunaan Gutenberg di WordPress! Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang Gutenberg, editor blok visual yang revolusioner untuk WordPress. Kami akan menjelaskan cara menggunakan Gutenberg dan memberikan tips serta trik untuk membuat konten yang menarik dengan menggunakan fitur-fitur yang ada.

Apa itu Gutenberg?

Gutenberg adalah editor blok visual yang diperkenalkan oleh WordPress pada versi 5.0. Sebelumnya, WordPress menggunakan editor klasik yang memiliki antarmuka yang sederhana dan terbatas. Gutenberg, di sisi lain, adalah editor yang sepenuhnya berbasis blok, yang memungkinkan pengguna untuk membangun konten dengan lebih fleksibel dan kreatif.

Dalam Gutenberg, Anda dapat membangun konten dengan menambahkan blok-blok berbeda seperti teks, gambar, video, galeri, dan banyak lagi. Setiap blok dapat disesuaikan dengan pengaturan yang spesifik, sehingga memberikan kontrol yang lebih besar atas tampilan dan fungsionalitas konten Anda.

Cara Menggunakan Gutenberg

Untuk menggunakan Gutenberg, pastikan Anda telah menginstal WordPress versi 5.0 atau yang lebih baru. Jika Anda memiliki versi yang lebih lama, Anda dapat mengunduh plugin Gutenberg dari direktori plugin WordPress untuk memperbarui editor Anda.

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pilih “Tambah Posting Baru” atau “Sunting” jika Anda ingin mengedit posting yang sudah ada.
  3. Anda akan masuk ke editor Gutenberg. Pada tampilan pertama kali, Anda akan melihat sebuah blok teks kosong.
  4. Untuk menambahkan blok baru, Anda dapat mengklik tombol “+” di sebelah atas atau bawah blok yang sudah ada.
  5. Pilih jenis blok yang ingin Anda tambahkan, misalnya “Paragraf” untuk menambahkan teks biasa.
  6. Sekarang, Anda dapat mulai mengetik teks Anda di dalam blok tersebut.
  7. Jika Anda ingin menambahkan blok lain, ulangi langkah 4-5.
  8. Anda juga dapat mengedit blok yang sudah ada dengan mengklik pada blok tersebut. Pengaturan dan opsi pengeditan akan muncul di sebelah kanan.
BACA JUGA  Cara Membuat Plugin WordPress

Tips dan Trik Menggunakan Gutenberg

  • Gunakan “Heading” untuk membuat judul dan subjudul. Ini akan membantu pembaca memahami struktur dan hierarki konten Anda.
  • Gunakan “Galeri” untuk menampilkan beberapa gambar dalam satu blok. Anda dapat mengatur tata letak, ukuran, dan tampilan gambar dengan mudah.
  • Gunakan “Kutipan” untuk menyoroti kutipan yang penting dalam teks Anda. Ini akan membuatnya lebih menonjol dan mudah dibaca.
  • Gunakan “Video” untuk menyisipkan video dari platform seperti YouTube atau Vimeo. Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan tautan video.
  • Gunakan “Tabel” untuk menyajikan data secara terstruktur dan rapi. Anda dapat menambahkan kolom dan baris sesuai kebutuhan Anda.
  • Gunakan “Daftar” untuk membuat daftar dengan poin-poin penting. Anda dapat membuat daftar dengan poin berurutan (ordered list) atau tanpa urutan (unordered list).

Keuntungan Menggunakan Gutenberg

Gutenberg membawa banyak keuntungan bagi pengguna WordPress:

  • Antarmuka yang intuitif: Gutenberg memiliki antarmuka yang lebih intuitif dan mudah digunakan dibandingkan dengan editor klasik. Anda dapat dengan cepat menemukan dan mengakses semua fitur dan fungsi yang Anda butuhkan.
  • Kustomisasi yang lebih baik: Dengan Gutenberg, Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk mengatur tampilan dan gaya konten Anda. Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan tata letak blok dengan mudah.
  • Lebih fleksibel: Dengan adanya blok-blok yang dapat ditambahkan, Anda dapat mengatur konten Anda secara lebih fleksibel. Anda dapat mengubah urutan, menyalin dan memindahkan blok dengan mudah.
  • Responsif dan mobile-friendly: Gutenberg memastikan bahwa konten yang Anda buat tetap terlihat bagus di berbagai perangkat, termasuk ponsel dan tablet.
  • Lebih baik untuk SEO: Gutenberg memungkinkan Anda untuk menambahkan metadata, mengoptimalkan gambar, dan menggunakan tag heading dengan lebih mudah. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas SEO dari konten Anda.
BACA JUGA  Cara Menambahkan Watermark pada Gambar di Situs WordPress

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kami telah membahas tentang Gutenberg, editor blok visual yang revolusioner untuk WordPress. Kami telah memberikan langkah-langkah tentang cara menggunakan Gutenberg dan memberikan tips serta trik untuk membuat konten yang menarik dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh editor ini.

Gutenberg memberikan pengalaman pengeditan yang lebih baik dan fleksibel untuk pengguna WordPress. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur yang canggih, Anda dapat dengan mudah membuat konten yang menarik dan profesional.

Sebagai pengguna WordPress, kami sangat merekomendasikan Anda untuk mencoba Gutenberg dan menggali lebih dalam fitur-fitur yang ada. Dengan menggunakan Gutenberg, Anda dapat mengambil keuntungan dari semua kemampuan yang ditawarkan oleh editor blok visual ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah menggali Gutenberg sekarang dan buatlah konten yang menarik dan profesional dengan WordPress!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *