Menggunakan fitur Gutenberg untuk membuat halaman landasan di WordPress

Menggunakan fitur Gutenberg untuk membuat halaman landasan di WordPress. Dapatkan tips dan trik tentang cara memanfaatkan Gutenberg untuk membuat halaman landasan yang menarik dan fungsional di WordPress. Pelajari cara mengoptimalkan fitur-fitur Gutenberg seperti blok teks, gambar, video, dan lainnya untuk menciptakan halaman landasan yang menonjol dan mengundang pengunjung.Gutenberg, WordPress, halaman landasan, blok teks, blok gambar, blok video, fitur-fitur Gutenberg, pengoptimalan, tips dan trik.

Jika Anda baru memulai dengan WordPress dan ingin membuat halaman landasan yang menakjubkan, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang bisa membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Salah satu jawabannya adalah menggunakan fitur Gutenberg yang diperkenalkan pada WordPress versi 5.0. Fitur ini memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam membuat halaman landasan yang menarik dan fungsional. Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik tentang cara memanfaatkan Gutenberg untuk membuat halaman landasan yang menonjol di WordPress.

Apa itu Gutenberg?

Gutenberg adalah editor blok visual yang diperkenalkan oleh WordPress. Dibandingkan dengan editor klasik, Gutenberg menggunakan pendekatan blok yang memungkinkan pengguna untuk membangun halaman dengan menambahkan blok-blok konten seperti teks, gambar, video, dan banyak lagi. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengatur tata letak halaman landasan Anda dengan menambahkan, mengedit, dan menghapus blok-blok konten dengan cara yang intuitif dan mudah dipahami.

Mulai dengan Gutenberg

Jika Anda menggunakan WordPress versi 5.0 atau yang lebih baru, Gutenberg sudah terpasang secara default. Namun, jika Anda menggunakan versi lama atau tidak yakin apakah Gutenberg sudah terpasang, Anda dapat mengunduhnya dari repositori plugin WordPress. Setelah mengaktifkan Gutenberg, Anda akan melihat perubahan signifikan dalam antarmuka pengeditan halaman WordPress Anda.

BACA JUGA  Cara mengaktifkan kompresi Gzip di situs WordPress

Untuk memulai membuat halaman landasan dengan Gutenberg, buka halaman baru atau sunting halaman yang sudah ada. Anda akan melihat antarmuka pengeditan yang baru dengan opsi untuk menambahkan blok di bagian atas halaman. Anda dapat memilih blok yang ingin Anda tambahkan dari daftar yang tersedia atau mencari blok tertentu dengan menggunakan fitur pencarian.

Memanfaatkan blok teks

Blok teks adalah salah satu blok yang paling sering digunakan dalam pembuatan halaman landasan. Dengan menggunakan blok teks, Anda dapat menambahkan teks, mengatur format, dan menerapkan gaya tertentu untuk membuat halaman landasan Anda lebih menarik. Anda juga dapat menambahkan judul, paragraf, dan daftar dengan mudah menggunakan blok teks.

Untuk menambahkan blok teks, klik pada ikon tambah blok di antarmuka pengeditan dan cari blok teks. Setelah menambahkan blok teks, Anda dapat mulai mengetik teks yang Anda inginkan. Pengeditan teks pada blok teks sangat mirip dengan pengeditan pada editor teks biasa. Anda dapat menambahkan format seperti tebal, miring, dan garis bawah, serta mengatur paragraf dan daftar dengan mudah.

Menggunakan blok gambar

Blok gambar adalah fitur lain yang sangat berguna dalam membuat halaman landasan yang menarik. Dengan menggunakan blok gambar, Anda dapat menambahkan gambar yang relevan dan menarik perhatian pengunjung. Anda juga dapat mengatur ukuran, peringkat, dan tautan untuk gambar tersebut.

Untuk menambahkan blok gambar, klik pada ikon tambah blok di antarmuka pengeditan dan cari blok gambar. Setelah menambahkan blok gambar, Anda dapat mengunggah gambar dari komputer Anda atau memilih gambar yang sudah ada di perpustakaan media WordPress Anda. Setelah memilih gambar yang ingin Anda gunakan, Anda dapat mengatur ukuran, peringkat, dan tautan untuk gambar tersebut.

BACA JUGA  Cara Mempercepat WordPress

Memasukkan blok video

Jika Anda ingin menampilkan video di halaman landasan Anda, Gutenberg juga memiliki blok video yang dapat Anda manfaatkan. Dengan menggunakan blok video, Anda dapat menyematkan video dari berbagai platform seperti YouTube, Vimeo, dan lainnya.

Untuk menambahkan blok video, klik pada ikon tambah blok di antarmuka pengeditan dan cari blok video. Setelah menambahkan blok video, Anda dapat memasukkan URL video dari platform yang Anda pilih. Setelah memasukkan URL, Gutenberg akan secara otomatis menampilkan video tersebut di halaman landasan Anda. Anda juga dapat mengatur ukuran dan tata letak video dengan mudah menggunakan blok video ini.

Menyesuaikan tata letak halaman

Salah satu kelebihan Gutenberg adalah fleksibilitas dalam menyesuaikan tata letak halaman. Anda dapat dengan mudah mengubah urutan blok, menambahkan atau menghapus blok, serta mengatur tata letak secara keseluruhan.

Untuk mengubah urutan blok, cukup klik ikon panah atas atau panah bawah di sebelah kiri blok yang ingin Anda pindahkan. Blok tersebut akan bergerak ke atas atau ke bawah sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menambahkan blok baru dengan mengklik ikon tambah blok di atas atau di bawah blok yang sudah ada.

Untuk menghapus blok, cukup klik ikon tong sampah di sebelah kanan blok yang ingin Anda hapus. Blok tersebut akan dihapus secara permanen dari halaman landasan Anda. Jika Anda ingin mengatur tata letak secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan blok penutup yang tersedia di bagian atas dan bawah halaman.

Mengoptimalkan halaman landasan Anda

Selain menggunakan fitur-fitur dasar Gutenberg, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan halaman landasan Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan blok kutipan, yang dapat menyoroti kata-kata penting atau testimoni penting dari pengunjung atau pelanggan Anda.

BACA JUGA  Tema WordPress untuk Portofolio Fotografi

Anda juga dapat menggunakan blok galeri untuk menampilkan beberapa gambar yang relevan dan menarik perhatian pengunjung. Dengan menggunakan blok galeri, Anda dapat mengatur tata letak gambar dengan mudah dan menambahkan deskripsi untuk setiap gambar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan blok tombol untuk mengarahkan pengunjung ke halaman lain yang relevan, seperti halaman produk atau formulir kontak. Dengan menggunakan blok tombol, Anda dapat menyesuaikan teks tombol, tautan, dan tampilan tombol sesuai dengan keinginan Anda.

Kesimpulan

Gutenberg merupakan fitur yang sangat bermanfaat dalam membuat halaman landasan di WordPress. Dengan menggunakan blok teks, gambar, video, dan fitur-fitur lainnya, Anda dapat menciptakan halaman landasan yang menarik dan fungsional. Dengan mengoptimalkan halaman landasan Anda menggunakan fitur-fitur Gutenberg, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan meningkatkan konversi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur Gutenberg dan lihatlah perbedaan yang dibuatnya dalam halaman landasan Anda.

Keyword: Gutenberg, WordPress, halaman landasan, blok teks, blok gambar, blok video, fitur-fitur Gutenberg, pengoptimalan, tips dan trik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *