Cara Menyembunyikan Judul Halaman di Situs WordPress

WordPress adalah platform blogging yang populer dan mudah digunakan. Namun, ada beberapa situasi di mana Anda mungkin ingin menyembunyikan judul halaman di situs WordPress Anda. Mungkin Anda ingin mengarahkan pengunjung ke halaman tersebut melalui tautan yang disematkan di tempat lain, atau mungkin Anda ingin membuat tata letak halaman Anda lebih menarik dengan menghilangkan judul. Artikel ini akan membahas cara menyembunyikan judul halaman di situs WordPress Anda dengan beberapa langkah yang mudah diikuti.

1. Menggunakan Plugin

Salah satu cara termudah untuk menyembunyikan judul halaman di situs WordPress Anda adalah dengan menggunakan plugin. Plugin seperti “Hide Title” atau “Hide Page and Post Title” dapat membantu Anda dengan cepat menyembunyikan judul halaman yang tidak diinginkan.

  1. Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin yang Anda pilih. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke menu “Plugin” di dasbor WordPress Anda dan menekan tombol “Add New”.
  2. Masukkan nama plugin yang ingin Anda gunakan di kolom pencarian dan tekan tombol “Search”. Setelah menemukan plugin yang tepat, klik tombol “Install Now” dan WordPress akan secara otomatis mengunduh dan menginstal plugin tersebut.
  3. Setelah plugin diinstal, aktifkan dengan menekan tombol “Activate”.
  4. Sekarang, pergi ke halaman atau posting yang ingin Anda sembunyikan judulnya. Anda akan melihat opsi baru yang ditambahkan oleh plugin di bagian bawah editor.
  5. Tandai kotak yang mengatakan “Hide Title” atau opsi serupa yang disediakan oleh plugin yang Anda gunakan.
  6. Setelah Anda menyematkan kotak tersebut, simpan perubahan Anda dan periksa halaman atau posting yang terkait untuk memastikan bahwa judulnya telah disembunyikan.

2. Mengedit Kode Tema

Jika Anda merasa nyaman dengan mengedit kode di WordPress, Anda juga dapat menyembunyikan judul halaman dengan mengedit kode tema yang Anda gunakan.

  1. Langkah pertama adalah membuka editor tema WordPress Anda. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke menu “Appearance” dan memilih “Editor”.
  2. Pilih tema yang ingin Anda edit dari menu drop-down di sudut kanan atas editor.
  3. Temukan file “header.php” atau “single.php” dalam daftar file tema. File ini biasanya bertanggung jawab untuk menampilkan judul halaman di situs WordPress.
  4. Klik pada file yang ingin Anda edit, dan editor akan membuka file tersebut dalam panel editing.
  5. Cari kode yang bertanggung jawab untuk menampilkan judul halaman. Kode ini mungkin terlihat seperti <h1><?php the_title(); ?></h1> atau serupa.
  6. Untuk menyembunyikan judul, Anda dapat menghapus kode tersebut atau mengomentari baris kode dengan menambahkan // sebelumnya. Misalnya, jika kode awalnya adalah <h1><?php the_title(); ?></h1>, Anda dapat mengubahnya menjadi //<h1><?php the_title(); ?></h1>.
  7. Setelah Anda selesai mengedit kode, jangan lupa untuk menyimpan perubahan Anda.
  8. Periksa halaman atau posting yang terkait untuk memastikan bahwa judulnya telah disembunyikan.
BACA JUGA  Menggunakan fitur 'Multisite Content Copier' untuk mengelola konten di WordPress Multisite

3. Menggunakan CSS

Jika Anda ingin menyembunyikan judul halaman dengan menggunakan CSS, Anda perlu mengetahui kelas atau ID yang digunakan untuk menampilkan judul halaman tersebut. Anda dapat menggunakan perangkat Inspeksi Element di browser Anda untuk menemukan informasi ini.

  1. Langkah pertama adalah membuka halaman atau posting yang ingin Anda sembunyikan judulnya di situs WordPress Anda.
  2. Klik kanan pada judul halaman dan pilih opsi “Inspect” atau “Inspect Element” dalam menu yang muncul.
  3. Perangkat Inspeksi Element akan muncul di browser Anda, menampilkan kode HTML dan CSS yang terkait dengan elemen yang Anda pilih.
  4. Cari kelas atau ID yang digunakan untuk judul halaman. Ini mungkin terlihat seperti <h1 class=”judul-halaman”>Judul Halaman</h1> atau serupa.
  5. Setelah Anda menemukan kelas atau ID, buka editor tema WordPress Anda dan tambahkan kode CSS berikut di bagian “Custom CSS” atau “Additional CSS” (tergantung pada tema yang Anda gunakan):
.judul-halaman {display: none;}

Gantilah “.judul-halaman” dengan kelas atau ID yang sesuai dengan judul halaman yang ingin Anda sembunyikan.

4. Menggunakan Custom Field

Jika Anda ingin menyembunyikan judul halaman secara individual, Anda dapat menggunakan custom field di WordPress. Custom field memungkinkan Anda menambahkan informasi tambahan ke halaman atau posting yang tidak ditampilkan secara langsung.

  1. Langkah pertama adalah membuka halaman atau posting yang ingin Anda sembunyikan judulnya di situs WordPress Anda.
  2. Pada bagian bawah editor, cari kotak yang berjudul “Custom Fields” atau “Attributes”.
  3. Klik tombol “Add New Custom Field” atau opsi serupa yang disediakan oleh tema atau plugin yang Anda gunakan.
  4. Masukkan “hide_title” sebagai nama kunci dan “true” sebagai nilai.
  5. Simpan perubahan Anda dan periksa halaman atau posting yang terkait untuk memastikan bahwa judulnya telah disembunyikan.
BACA JUGA  Cara Mengubah Pemilik Situs WordPress

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan judul halaman di situs WordPress Anda. Ingatlah bahwa menyembunyikan judul halaman mungkin tidak sesuai untuk semua jenis halaman, terutama jika Anda memiliki halaman yang penting untuk SEO atau navigasi situs. Pastikan untuk mempertimbangkan tujuan dan kebutuhan Anda sebelum menyembunyikan judul halaman apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *