Cara Menyembunyikan Judul Halaman di Halaman Khusus di WordPress

Sebagai seorang pemilik situs web, terkadang Anda mungkin ingin menyembunyikan judul halaman di halaman khusus di WordPress. Misalnya, jika Anda memiliki halaman penjualan atau halaman arahan, Anda mungkin ingin fokus pada konten yang ada di halaman tersebut dan menghilangkan judul yang mungkin mengganggu. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyembunyikan judul halaman di halaman khusus di WordPress.

Menggunakan Plugin

Salah satu cara termudah untuk menyembunyikan judul halaman di halaman khusus di WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Plugin ini akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengontrol tampilan judul halaman di halaman khusus Anda tanpa harus melakukan perubahan kode.

  1. Pertama, login ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pilih menu “Plugins” di sisi kiri layar Anda.
  3. Klik tombol “Add New” di bagian atas layar.
  4. Cari plugin yang disebut “Hide Page Title” dan klik “Install Now”.
  5. Aktifkan plugin setelah proses instalasi selesai.
  6. Sekarang, pergi ke halaman khusus di mana Anda ingin menyembunyikan judul halaman.
  7. Pada editor halaman, Anda akan melihat opsi baru yang disebut “Hide Page Title”.
  8. Centang kotak ini untuk menyembunyikan judul halaman.
  9. Klik tombol “Update” untuk menyimpan perubahan Anda.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat dengan cepat menyembunyikan judul halaman di halaman khusus dengan hanya beberapa klik. Ini adalah metode yang sederhana dan efektif untuk mengelola tampilan halaman Anda tanpa harus mengedit kode.

Menggunakan Kode Kustom

Jika Anda lebih suka menggunakan kode kustom, Anda juga dapat menyembunyikan judul halaman di halaman khusus di WordPress dengan menambahkan beberapa baris kode ke tema WordPress Anda.

  1. Pertama, login ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pilih menu “Appearance” di sisi kiri layar Anda.
  3. Klik “Theme Editor” di bawah menu “Appearance”.
  4. Pilih file “functions.php” di sebelah kanan layar Anda.
  5. Tambahkan kode berikut di bagian paling bawah file:
BACA JUGA  Menggunakan Shortcode di WordPress untuk Fungsionalitas Tambahan

add_filter( ‘the_title’, ‘hide_page_title_on_specific_pages’ );function hide_page_title_on_specific_pages( $title ) {if ( is_page( ‘slug-halaman-khusus’ ) ) {return ”;}return $title;}

  1. Ganti ‘slug-halaman-khusus’ dengan slug halaman khusus Anda.
  2. Klik tombol “Update File” untuk menyimpan perubahan Anda.

Dengan menambahkan kode ini, judul halaman di halaman khusus yang Anda tentukan akan disembunyikan. Pastikan Anda mengganti ‘slug-halaman-khusus’ dengan slug yang sesuai untuk halaman khusus Anda.

Menyembunyikan Judul Halaman di Halaman Khusus untuk Keperluan SEO

Menyembunyikan judul halaman di halaman khusus dapat memiliki manfaat SEO tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki halaman penjualan yang dioptimalkan untuk kata kunci tertentu, menyembunyikan judul halaman dapat membantu fokus pada kata kunci tersebut dan meningkatkan keberhasilan SEO halaman.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun menyembunyikan judul halaman dapat membantu dalam beberapa situasi, ini juga dapat menyebabkan penurunan pengalaman pengguna jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan Anda mempertimbangkan penggunaan yang tepat dan mencoba untuk menguji perubahan ini sebelum menerapkannya secara luas.

Kesimpulan

Menyembunyikan judul halaman di halaman khusus di WordPress dapat memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola tampilan halaman Anda. Anda dapat menggunakan plugin yang mudah digunakan atau menambahkan kode kustom ke tema WordPress Anda untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan keberhasilan SEO saat menyembunyikan judul halaman. Dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan halaman khusus Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *