Cara menyembunyikan halaman tertentu dari mesin pencari di WordPress

Cara menyembunyikan halaman tertentu dari mesin pencari di WordPress

WordPress adalah salah satu platform paling populer yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk membuat dan mengelola situs web mereka. Dengan WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat halaman dan posting yang dapat diakses oleh pengunjung situs Anda. Namun, ada kalanya Anda ingin menyembunyikan halaman tertentu dari mesin pencari seperti Google. Mungkin Anda memiliki halaman khusus yang hanya ditujukan untuk anggota atau pelanggan Anda, atau mungkin Anda ingin menjaga kerahasiaan beberapa informasi penting yang hanya ditujukan untuk konsumen Anda. Tetapi bagaimana cara menyembunyikan halaman tersebut dari mesin pencari di WordPress? Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mencapai tujuan ini.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk diketahui bahwa meskipun Anda menyembunyikan halaman dari mesin pencari, halaman tersebut masih dapat diakses oleh pengguna yang memiliki URL halaman tersebut. Dalam banyak kasus, menyembunyikan halaman hanya akan menghilangkan halaman tersebut dari hasil pencarian mesin pencari dan tidak sepenuhnya menyembunyikannya dari pengguna yang memiliki URL halaman tersebut.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke dashboard WordPress Anda. Setelah masuk, cari dan klik menu “Halaman” di sebelah kiri layar Anda. Ini akan membuka halaman yang berisi daftar semua halaman yang telah Anda buat di situs WordPress Anda.

Pilih halaman yang ingin Anda sembunyikan dari mesin pencari. Setelah Anda memilih halaman tersebut, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian atas halaman. Salah satunya adalah “Status” halaman. Klik opsi ini dan pilih “Sembunyikan dari mesin pencari”.

Setelah Anda memilih opsi “Sembunyikan dari mesin pencari”, perubahan tersebut akan secara otomatis disimpan. Halaman yang Anda pilih sekarang tidak akan lagi muncul dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya mempengaruhi halaman tersebut dan tidak berlaku untuk posting atau halaman lain di situs WordPress Anda. Jika Anda memiliki posting yang ingin Anda sembunyikan dari mesin pencari, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang sama untuk setiap posting tersebut.

BACA JUGA  Panduan Memilih Hosting Terbaik untuk Situs WordPress Anda

Ada juga cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan halaman atau posting dari mesin pencari di WordPress. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Ada banyak plugin yang tersedia di direktori plugin WordPress yang dapat Anda instal dan gunakan untuk mengatur visibilitas halaman atau posting Anda.

Salah satu plugin yang sangat populer adalah Yoast SEO. Plugin ini tidak hanya membantu Anda mengoptimalkan situs WordPress Anda untuk mesin pencari, tetapi juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda mengatur visibilitas halaman atau posting Anda. Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO, Anda dapat mengakses pengaturan plugin ini melalui menu “SEO” di dashboard WordPress Anda.

Setelah Anda masuk ke pengaturan plugin Yoast SEO, cari dan klik “Editor Teks” di bagian atas layar. Ini akan membuka halaman di mana Anda dapat mengedit file robots.txt Anda. File ini adalah file teks yang berisi instruksi untuk mesin pencari tentang halaman mana yang harus diindeks dan halaman mana yang harus diabaikan.

Jika Anda ingin menyembunyikan halaman tertentu dari mesin pencari, Anda perlu menambahkan baris kode berikut ke file robots.txt Anda:

Disallow: /nama-halaman/

Ganti “nama-halaman” dengan URL halaman yang ingin Anda sembunyikan. Misalnya, jika Anda ingin menyembunyikan halaman dengan URL “https://www.contohwebsite.com/halaman-rahasia”, maka baris kode yang harus Anda tambahkan ke file robots.txt Anda adalah:

Disallow: /halaman-rahasia/

Setelah Anda menambahkan baris kode tersebut ke file robots.txt Anda, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda. Halaman yang Anda pilih sekarang akan disembunyikan dari mesin pencari. Penting untuk diingat bahwa perubahan yang Anda buat pada file robots.txt dapat mempengaruhi visibilitas halaman atau posting lain di situs WordPress Anda, jadi pastikan untuk berhati-hati saat mengedit atau mengubah file ini.

BACA JUGA  Cara Menambahkan Formulir Pendaftaran Anggota di Situs WordPress

Menyembunyikan halaman tertentu dari mesin pencari dapat menjadi langkah yang berguna dalam beberapa situasi. Namun, penting untuk diingat bahwa menyembunyikan halaman hanya akan menghilangkan halaman tersebut dari hasil pencarian mesin pencari dan tidak sepenuhnya menyembunyikannya dari pengguna yang memiliki URL halaman tersebut. Jika Anda memiliki informasi yang sangat rahasia atau penting yang hanya ingin diakses oleh sejumlah orang tertentu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan solusi lain seperti proteksi kata sandi atau pengaturan izin akses khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *