Cara Mengubah Tata Letak Blog WordPress dengan Gutenberg

WordPress adalah salah satu platform blogging yang paling populer di dunia. Dengan ribuan tema dan plugin yang tersedia, WordPress memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan fungsi blog Anda sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan oleh WordPress adalah Gutenberg, editor blok yang revolusioner. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengubah tata letak blog WordPress dengan Gutenberg.

Apa itu Gutenberg?

Gutenberg adalah editor blok yang diperkenalkan oleh WordPress dalam versi 5.0. Dengan Gutenberg, Anda dapat membuat konten blog yang lebih dinamis dan menarik dengan menggunakan blok-blok berbeda. Blok ini mencakup teks, gambar, audio, video, galeri, dan banyak lagi. Anda dapat mengatur blok-blok ini dengan mudah menggunakan antarmuka yang intuitif.

Mengapa Menggunakan Gutenberg?

Gutenberg menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan editor klasik WordPress. Pertama, Gutenberg memungkinkan Anda untuk membuat tata letak yang lebih kompleks dan menarik tanpa harus mengedit kode. Anda dapat mengatur blok-blok dengan cara yang sama seperti Anda mengatur lego, sehingga memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam merancang tampilan blog Anda.

Selain itu, Gutenberg juga memiliki fungsionalitas yang lebih canggih. Anda dapat menambahkan blok-blok khusus seperti blok pratinjau, blok pilihan, dan blok tabel. Selain itu, Gutenberg juga terintegrasi dengan baik dengan plugin yang ada, memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsionalitas tambahan ke blog Anda dengan mudah.

Mengubah Tata Letak Blog dengan Gutenberg

Untuk mengubah tata letak blog Anda dengan Gutenberg, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, pastikan Anda telah menginstal dan mengaktifkan plugin Gutenberg. Jika Anda menggunakan versi WordPress yang lebih lama dari 5.0, Anda perlu menginstal plugin Gutenberg secara terpisah.
  2. Buka editor blog Anda dan klik tombol “Gunakan Gutenberg” di sebelah kanan atas layar. Ini akan membuka editor Gutenberg di tab baru.
  3. Sekarang, Anda dapat mulai menambahkan blok ke blog Anda. Klik tombol “+” di sebelah kiri atas layar untuk menampilkan daftar blok yang tersedia.
  4. Pilih blok yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat memilih blok teks untuk menambahkan teks ke blog Anda, blok gambar untuk menambahkan gambar, dan sebagainya.
  5. Setelah Anda memilih blok, Anda dapat mulai mengeditnya. Untuk blok teks, Anda dapat mengubah format teks, menambahkan tautan, dan lainnya. Untuk blok gambar, Anda dapat mengubah ukuran, menambahkan deskripsi, dan sebagainya.
  6. Anda dapat menambahkan blok tambahan dengan mengklik tombol “+” di antara blok-blok yang ada. Ini akan menambahkan blok baru di antara blok-blok yang ada.
  7. Anda juga dapat menghapus blok dengan mengklik ikon tong sampah di sebelah kanan atas blok.
  8. Untuk mengubah tata letak keseluruhan blog, Anda dapat menggunakan blok grup. Blok grup memungkinkan Anda mengelompokkan beberapa blok menjadi satu dan mengatur tata letak mereka secara keseluruhan.
  9. Saat Anda mengedit tata letak blog, jangan lupa untuk menyimpan perubahan Anda secara teratur. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Simpan Draf” di sebelah kanan atas layar.
BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Posting dari Tampilan Arsip di WordPress

Tips untuk Menggunakan Gutenberg

Berikut beberapa tips untuk menggunakan Gutenberg dengan efektif:

  • Ekperimenlah dengan berbagai blok yang tersedia. Gutenberg menawarkan banyak blok yang berbeda, jadi jangan takut untuk mencoba dan menggabungkan mereka untuk mencapai tampilan yang Anda inginkan.
  • Gunakan blok grup untuk mengatur tata letak secara keseluruhan. Ini akan membantu Anda mengatur blok-blok dengan lebih mudah dan cepat.
  • Simpan perubahan Anda secara teratur. Gutenberg tidak memiliki fitur otomatis penyimpanan, jadi pastikan untuk menyimpan perubahan Anda secara manual untuk menghindari kehilangan pekerjaan Anda.
  • Gunakan plugin Gutenberg yang tersedia di pasar WordPress. Ada banyak plugin yang dikembangkan khusus untuk Gutenberg, dan ini dapat membantu Anda meningkatkan fungsionalitas editor.
  • Perhatikan performa blog Anda. Beberapa blok yang kompleks dan berat dapat mempengaruhi kecepatan dan performa blog Anda. Pastikan untuk memeriksa dan mengoptimalkan blog Anda secara teratur.

Kesimpulan

Gutenberg adalah editor blok yang revolusioner yang memungkinkan Anda untuk mengubah tata letak blog WordPress dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan Gutenberg, Anda dapat membuat tampilan blog yang lebih dinamis dan menarik, tanpa harus mengedit kode. Jadi, jika Anda ingin mengubah tata letak blog Anda, berikan Gutenberg mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *