Cara mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress

Cara Mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress

MailChimp adalah salah satu platform email marketing yang paling populer di dunia saat ini. Dengan MailChimp, Anda dapat membangun daftar email yang kuat, mengirimkan kampanye email yang efektif, dan menganalisis hasilnya. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform blogging atau situs web Anda, mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress adalah langkah yang bijaksana. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress untuk membantu Anda memanfaatkan kekuatan kedua platform tersebut.

1. Membuat Akun MailChimp

Langkah pertama untuk mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress adalah membuat akun MailChimp. Kunjungi situs resmi MailChimp di https://mailchimp.com dan klik tombol “Sign Up Free”. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat email, dan kata sandi. Setelah selesai, klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun anda.

2. Membuat List di MailChimp

Setelah berhasil membuat akun MailChimp, langkah berikutnya adalah membuat list di MailChimp. List ini akan digunakan untuk menyimpan semua alamat email yang ingin Anda kumpulkan melalui situs web WordPress Anda. Untuk membuat list baru, masuk ke dashboard MailChimp, klik “Lists” di menu utama, dan kemudian klik tombol “Create List”. Berikan nama yang sesuai untuk list Anda, dan isi informasi lainnya yang diperlukan. Setelah selesai, klik tombol “Save” untuk menyimpan list Anda.

3. Menginstal dan Mengaktifkan Plugin MailChimp untuk WordPress

Selanjutnya, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin MailChimp untuk WordPress. Plugin ini akan memungkinkan Anda mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress dengan mudah. Untuk menginstal plugin, masuk ke dashboard WordPress Anda, klik “Plugins” di menu utama, dan kemudian klik “Add New”. Cari “MailChimp for WordPress” di kotak pencarian, dan klik tombol “Install Now” di samping plugin tersebut. Setelah instalasi selesai, klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan plugin.

BACA JUGA  Tema WordPress untuk Situs Konsultan Bisnis

4. Menghubungkan Plugin dengan Akun MailChimp

Setelah mengaktifkan plugin MailChimp untuk WordPress, langkah berikutnya adalah menghubungkan plugin dengan akun MailChimp Anda. Untuk melakukannya, klik “MailChimp for WP” di menu utama WordPress Anda. Pada halaman pengaturan plugin, klik tab “MailChimp” dan kemudian klik tombol “Connect”. Anda akan diminta untuk memasukkan API key MailChimp Anda. Untuk mendapatkan API key Anda, buka tab “Account” di dashboard MailChimp Anda, dan klik “Extras” lalu “API Keys”. Salin API key Anda dan tempelkan ke dalam kolom yang sesuai di halaman pengaturan plugin MailChimp untuk WordPress. Setelah selesai, klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan.

5. Membuat dan Menambahkan Formulir Pendaftaran ke Situs Web Anda

Setelah menghubungkan plugin MailChimp dengan akun Anda, langkah selanjutnya adalah membuat formulir pendaftaran dan menambahkannya ke situs web Anda. Untuk melakukannya, klik “MailChimp for WP” di menu utama WordPress Anda, dan kemudian klik tab “Forms”. Klik tombol “Create New Form” untuk membuat formulir pendaftaran baru. Berikan nama yang sesuai untuk formulir Anda, dan atur pengaturan lainnya seperti tata letak, bidang yang diperlukan, dan pesan terima kasih. Setelah selesai, klik tombol “Save” untuk menyimpan formulir Anda. Untuk menambahkan formulir ke situs web Anda, buka halaman atau pos di mana Anda ingin menempatkannya, dan tambahkan kode shortcode yang tersedia di halaman pengaturan formulir. Setelah Anda menyimpan perubahan, formulir pendaftaran akan muncul di situs web Anda.

6. Mengatur Opsi Integrasi

Plugin MailChimp untuk WordPress juga memungkinkan Anda untuk mengatur opsi integrasi yang lebih lanjut. Untuk melakukannya, klik “MailChimp for WP” di menu utama WordPress Anda, dan kemudian klik tab “Integrations”. Di sini, Anda dapat mengonfigurasi opsi seperti mengintegrasikan komentar WordPress dengan MailChimp, mengaktifkan opt-in pada formulir komentar, dan mengaktifkan opt-in pada formulir kontak. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan saat Anda selesai.

BACA JUGA  Menggunakan template khusus untuk halaman di WordPress

7. Menganalisis Hasil Kampanye Email Anda

Sekarang, Anda telah berhasil mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress, Anda dapat mulai mengirimkan kampanye email dan menganalisis hasilnya. MailChimp menyediakan berbagai alat analisis yang kuat untuk membantu Anda memahami kinerja kampanye Anda. Di dashboard MailChimp, Anda dapat melihat metrik seperti tingkat pembukaan, tingkat klik, tingkat konversi, dan banyak lagi. Gunakan informasi ini untuk memperbaiki kampanye Anda dan mencapai hasil yang lebih baik.

Penutup

Mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress adalah langkah yang cerdas untuk meningkatkan upaya pemasaran email Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghubungkan kedua platform tersebut dan memanfaatkan kekuatan mereka. Ingatlah untuk selalu mematuhi kebijakan privasi dan aturan spam saat menggunakan MailChimp dan mengirimkan kampanye email. Selamat mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress, dan semoga sukses dalam upaya pemasaran Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *