Cara Menginstal WordPress Secara Manual

Cara Menginstal WordPress Secara Manual

Saat ini, WordPress telah menjadi salah satu platform terpopuler untuk membuat dan mengelola situs web. Dengan WordPress, Anda dapat membuat berbagai jenis situs web, mulai dari blog pribadi hingga situs web bisnis. Meskipun ada banyak penyedia hosting yang menawarkan instalasi WordPress satu-klik, menginstal WordPress secara manual juga merupakan opsi yang penting untuk diketahui.

Apa itu Instalasi WordPress Manual?

Instalasi WordPress manual adalah proses mengunduh, mengunggah, dan mengonfigurasi WordPress secara manual ke server web yang Anda gunakan. Meskipun ini mungkin terdengar sedikit rumit, instalasi manual memberikan Anda kendali penuh atas proses instalasi dan memungkinkan Anda untuk memahami dasar-dasar pengaturan WordPress.

Langkah-langkah Menginstal WordPress secara Manual

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menginstal WordPress secara manual:

  1. Unduh WordPress
  2. Langkah pertama dalam menginstal WordPress secara manual adalah mengunduh paket WordPress dari situs resmi mereka di https://id.wordpress.org/. Setelah mengunduhnya, ekstrak file zip yang Anda unduh ke folder lokal Anda.

  3. Siapkan Database MySQL
  4. Sebelum Anda dapat menginstal WordPress, Anda perlu membuat database MySQL kosong di server web Anda. Anda dapat melakukannya melalui panel kontrol hosting Anda atau menggunakan alat seperti phpMyAdmin.

  5. Konfigurasi File wp-config.php
  6. Setelah database dibuat, Anda perlu mengonfigurasi file wp-config.php. Salin file wp-config-sample.php yang ada dalam folder WordPress yang sudah diekstrak, lalu ubah namanya menjadi wp-config.php. Buka file tersebut menggunakan editor teks, dan temukan bagian yang bertuliskan:

    define('DB_NAME', 'nama_database');define('DB_USER', 'nama_pengguna_mysql');define('DB_PASSWORD', 'kata_sandi_mysql');define('DB_HOST', 'localhost');

    Gantilah ‘nama_database’ dengan nama database yang baru Anda buat, ‘nama_pengguna_mysql’ dengan username MySQL Anda, dan ‘kata_sandi_mysql’ dengan kata sandi MySQL Anda. Biarkan ‘localhost’ tidak berubah kecuali Anda menggunakan pengaturan khusus.

  7. Unggah File WordPress
  8. Setelah mengonfigurasi wp-config.php, Anda perlu mengunggah folder WordPress yang sudah diekstrak tadi ke server web Anda. Anda dapat menggunakan FTP atau File Manager yang disediakan oleh penyedia hosting Anda untuk melakukan ini.

  9. Menjalankan Proses Instalasi
  10. Setelah mengunggah file WordPress, buka situs web Anda melalui browser. Anda akan melihat halaman instalasi WordPress yang memandu Anda melalui proses instalasi.

  11. Ikuti Langkah-langkah Instalasi
  12. Pada langkah-langkah instalasi WordPress, Anda akan diminta untuk memasukkan detail database yang telah Anda buat sebelumnya. Masukkan nama database, nama pengguna MySQL, dan kata sandi MySQL yang telah Anda konfigurasi di wp-config.php.

  13. Selesaikan Instalasi
  14. Setelah Anda memasukkan detail database, klik tombol “Submit” atau “Install” untuk melanjutkan proses instalasi. WordPress akan mengonfigurasi database dan menyelesaikan instalasi. Setelah selesai, Anda akan diberikan sebuah username dan password administrator untuk mengelola situs web Anda.

BACA JUGA  Cara Menambahkan Tanda Air Logo di Gambar Galeri di WordPress

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menginstal WordPress secara manual di server web Anda. Meskipun proses ini mungkin membutuhkan sedikit waktu dan pengetahuan teknis, ini memberikan Anda fleksibilitas dan kendali penuh atas pengaturan WordPress Anda. Selamat menginstal WordPress!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *