Cara Mengganti URL Halaman di WordPress Tanpa Kehilangan Traffic

Jika Anda sedang menggunakan WordPress untuk mengelola situs web Anda, mungkin ada saat-saat di mana Anda perlu mengganti URL halaman. Mungkin Anda ingin memperbarui struktur URL untuk meningkatkan SEO, atau mungkin Anda hanya ingin membuat URL yang lebih singkat dan mudah diingat. Namun, ketika Anda mengganti URL halaman, ada risiko kehilangan lalu lintas pengunjung. Beruntungnya, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengganti URL halaman di WordPress tanpa kehilangan traffic. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melakukan itu.

1. Perencanaan Sebelum Mengganti URL

Sebelum Anda mulai mengganti URL halaman di WordPress, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dan perencanakan terlebih dahulu:

  1. Mengapa Anda ingin mengganti URL halaman? Ada beberapa alasan yang mungkin mendorong Anda untuk mengganti URL halaman. Pastikan Anda memiliki alasan yang jelas dan memahami konsekuensi yang mungkin terjadi.
  2. Apa dampak yang mungkin terjadi setelah Anda mengganti URL? Mengganti URL halaman dapat mempengaruhi peringkat SEO dan lalu lintas pengunjung. Pastikan Anda memahami risiko yang mungkin terjadi.
  3. Apakah URL yang baru akan lebih baik dari URL yang lama? Penting untuk memastikan bahwa URL baru yang Anda pilih lebih baik dari URL lama dalam hal SEO dan kemudahan penggunaan.
  4. Apakah Anda telah membuat cadangan situs web Anda? Sebelum melakukan perubahan apa pun pada situs web Anda, selalu penting untuk membuat cadangan terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda menghindari kehilangan data atau masalah teknis lainnya.

2. Gunakan Plugin Redirection

Salah satu cara terbaik untuk mengganti URL halaman di WordPress tanpa kehilangan traffic adalah dengan menggunakan plugin pengalihan URL seperti Redirection. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat pengalihan 301 yang akan mengarahkan pengunjung dari URL lama ke URL baru. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat memastikan bahwa pengunjung yang mencoba mengakses URL lama akan langsung diarahkan ke URL baru.

BACA JUGA  Plugin WordPress untuk membuat situs web afiliasi

Untuk menggunakan plugin Redirection, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pasang dan aktifkan plugin Redirection. Anda dapat menemukan plugin ini di direktori plugin WordPress atau dengan mencarinya melalui menu “Plugin” di dasbor WordPress Anda.
  2. Tambahkan pengalihan baru. Setelah Anda mengaktifkan plugin, buka menu “Redirection” di dasbor WordPress Anda. Klik “Tambahkan pengalihan baru” dan masukkan URL lama dan URL baru yang ingin Anda gunakan.
  3. Simpan pengalihan. Setelah Anda memasukkan URL lama dan URL baru, klik tombol “Tambahkan redirect” untuk menyimpan pengalihan.
  4. Uji pengalihan. Untuk memastikan bahwa pengalihan berfungsi dengan baik, coba akses URL lama di browser Anda. Anda seharusnya secara otomatis diarahkan ke URL baru.

3. Perbarui Internal Link dan Bookmark

Saat Anda mengganti URL halaman di WordPress, penting untuk memperbarui internal link dan bookmark yang terhubung ke URL lama. Jika Anda memiliki posting blog atau halaman lain yang mengarah ke URL yang akan diganti, perbarui link tersebut dengan URL yang baru.

Anda juga perlu memperbarui bookmark yang telah dibuat oleh pengunjung atau pelanggan Anda. Jika mereka telah menyimpan URL lama di bookmark mereka, pastikan untuk memberi tahu mereka tentang perubahan dan memberikan URL baru yang diperbarui.

4. Gunakan Redirect 301

Selain menggunakan plugin pengalihan URL, Anda juga dapat menggunakan redirect 301 secara manual untuk mengganti URL halaman di WordPress. Redirect 301 adalah kode status HTTP yang menunjukkan bahwa URL telah dipindahkan secara permanen. Dengan menggunakan redirect 301, Anda dapat memberi tahu mesin pencari dan pengunjung bahwa URL lama telah digantikan oleh URL baru.

Untuk menggunakan redirect 301, Anda perlu mengedit file .htaccess di direktori root situs web Anda. Tambahkan kode berikut di bagian atas file .htaccess:

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Kategori Default 'Uncategorized' di WordPress

RewriteEngine OnRewriteRule ^url-lama$ /url-baru [R=301,L]

Gantilah “url-lama” dengan URL lama yang ingin Anda gantikan dan “url-baru” dengan URL baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang Anda buat pada file .htaccess.

5. Perbarui Sitemap

Sitemap adalah file XML yang berisi daftar semua halaman di situs web Anda. Ketika Anda mengganti URL halaman di WordPress, penting untuk memperbarui sitemap Anda agar mesin pencari dapat mengindeks URL baru dengan benar.

Anda dapat menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO untuk membuat dan memperbarui sitemap Anda. Setelah Anda memperbarui URL halaman, buka plugin Yoast SEO di dasbor WordPress Anda. Pilih menu “Umum” dan klik “XML Sitemaps”. Di sana, Anda akan menemukan opsi untuk memperbarui sitemap Anda.

6. Pantau dan Evaluasi Perubahan

Setelah Anda mengganti URL halaman di WordPress, penting untuk memantau dan mengevaluasi perubahan yang Anda buat. Ini akan membantu Anda memahami dampaknya terhadap lalu lintas pengunjung dan peringkat SEO.

Gunakan alat analisis situs web seperti Google Analytics untuk melacak perubahan dalam lalu lintas pengunjung. Perhatikan apakah ada penurunan trafik yang signifikan setelah Anda mengganti URL halaman dan identifikasi faktor-faktor yang mungkin mempengaruhinya.

Jika Anda melihat penurunan lalu lintas yang signifikan, Anda mungkin perlu memperbarui strategi SEO Anda atau memperbaiki pengalihan URL yang tidak berfungsi dengan baik. Jika tidak ada penurunan lalu lintas, itu berarti Anda telah berhasil mengganti URL halaman tanpa kehilangan traffic.

Penutup

Mengganti URL halaman di WordPress adalah tugas yang penting, tetapi juga berisiko. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengganti URL halaman dengan aman tanpa kehilangan traffic. Ingatlah untuk selalu merencanakan dan membuat cadangan sebelum melakukan perubahan apa pun pada situs web Anda. Jika Anda memiliki keraguan atau kesulitan, selalu ada opsi untuk menghubungi profesional dalam bidang ini.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Penggunaan WordPress untuk Pemula: Membuka Pintu Dunia Online Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *