Cara Mengganti Teks Kaki (Footer) di Tema WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress untuk membangun situs web Anda, Anda mungkin sudah tahu bahwa tema WordPress menyediakan banyak opsi pengaturan yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu bagian yang dapat Anda sesuaikan adalah teks kaki atau footer.

Teks kaki merupakan bagian penting dari situs web Anda karena berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan informasi penting seperti hak cipta, tautan ke kebijakan privasi, tautan ke halaman sosial media, dan sebagainya. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengganti teks kaki di tema WordPress dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

1. Pahami Struktur Tema WordPress Anda

Sebelum kita mulai mengganti teks kaki di tema WordPress, penting untuk memahami struktur tema Anda. Setiap tema WordPress memiliki struktur yang berbeda, tetapi pada umumnya, file footer.php adalah tempat di mana teks kaki situs web Anda terletak.

Anda dapat mengakses file footer.php melalui Dashboard WordPress dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih “Penampilan” dari menu di sebelah kiri.
  3. Pilih “Editor” dari submenu yang muncul.

Setelah Anda memilih “Editor”, Anda akan melihat daftar file tema WordPress yang tersedia di sisi kanan. Cari dan klik file footer.php untuk membukanya.

2. Mengganti Teks Kaki di Footer.php

Setelah Anda membuka file footer.php, Anda akan melihat kode HTML yang mengatur tampilan teks kaki situs web Anda. Biasanya, teks kaki dikelilingi oleh tag <footer>.

Jika Anda ingin mengganti teks kaki dengan teks yang baru, cukup hapus teks yang sudah ada di dalam tag <footer> dan gantikan dengan teks baru yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan hak cipta situs web Anda, Anda dapat menambahkan kode berikut:

<footer>Hak Cipta © 2022 Nama Website Anda. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.</footer>

BACA JUGA  Cara Menambahkan Kalender Acara di Situs WordPress

Anda juga dapat menambahkan tautan ke halaman lain seperti kebijakan privasi atau tautan ke halaman sosial media Anda:

<footer>Hak Cipta © 2022 Nama Website Anda. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang. <a href=”https://www.namawebsiteanda.com/kebijakan-privasi”>Kebijakan Privasi</a> <a href=”https://www.facebook.com/namawebsiteanda”>Facebook</a></footer>

Setelah Anda selesai mengedit teks kaki, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat dengan mengklik tombol “Perbarui File” atau “Simpan” yang biasanya terletak di bagian bawah halaman Editor.

3. Mengganti Teks Kaki dengan Plugin

Jika Anda tidak ingin mengedit file tema langsung, Anda juga dapat menggunakan plugin untuk mengganti teks kaki di tema WordPress Anda. Plugin ini akan memberikan antarmuka pengguna yang lebih mudah digunakan dan memungkinkan Anda mengedit teks kaki tanpa perlu menyentuh kode.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti teks kaki dengan menggunakan plugin:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih “Plugin” dari menu di sebelah kiri.
  3. Pilih “Tambah Baru” dari submenu yang muncul.
  4. Cari plugin “Footer Putter” menggunakan kotak pencarian di bagian kanan atas.
  5. Setelah menemukan plugin tersebut, klik “Pasang Sekarang”.
  6. Aktifkan plugin setelah proses instalasi selesai.
  7. Pilih “Footer Putter” dari menu di sebelah kiri untuk mengakses pengaturannya.
  8. Di halaman pengaturan, Anda dapat mengedit teks kaki sesuai dengan kebutuhan Anda.
  9. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Selain plugin “Footer Putter”, ada juga banyak plugin lain yang dapat Anda gunakan untuk mengganti teks kaki di tema WordPress Anda. Anda dapat mencari plugin lain melalui menu “Tambah Baru” dengan menggunakan kata kunci seperti “footer editor” atau “footer customization”.

4. Mengganti Tampilan Teks Kaki dengan CSS

Jika Anda ingin mengganti tampilan teks kaki, seperti mengubah warna, ukuran font, atau menambahkan latar belakang, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan CSS. CSS adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan dan tata letak elemen di halaman web.

BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Posting dari Halaman Arsip di WordPress

Untuk mengubah tampilan teks kaki dengan CSS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih “Penampilan” dari menu di sebelah kiri.
  3. Pilih “Editor” dari submenu yang muncul.
  4. Pilih file “style.css” dari daftar file tema yang tersedia.

Setelah Anda memilih file “style.css”, Anda dapat menambahkan kode CSS di bagian paling bawah file untuk mengubah tampilan teks kaki. Misalnya, jika Anda ingin mengubah warna teks kaki menjadi merah, Anda dapat menambahkan kode berikut:

footer { color: red; }

Jika Anda ingin mengubah ukuran font, Anda dapat menggunakan properti “font-size”:

footer { font-size: 18px; }

Jika Anda ingin menambahkan latar belakang ke teks kaki, Anda dapat menggunakan properti “background”:

footer { background: #f0f0f0; }

Anda juga dapat menggabungkan beberapa properti untuk mencapai tampilan yang diinginkan:

footer { color: red; font-size: 18px; background: #f0f0f0; }

Jika Anda tidak yakin dengan kode CSS yang harus digunakan, Anda dapat mencari contoh kode CSS untuk mengubah tampilan teks kaki di situs web.

5. Menggunakan Widget Teks

Beberapa tema WordPress menyediakan widget teks yang dapat Anda tambahkan ke area widget di tema Anda untuk mengganti teks kaki. Widget teks ini memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, tautan, atau kode HTML ke teks kaki situs web Anda.

Untuk menggunakan widget teks, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih “Tampilan” dari menu di sebelah kiri.
  3. Pilih “Widget” dari submenu yang muncul.
  4. Cari widget teks di daftar widget yang tersedia.
  5. Tarik dan lepas widget teks ke area widget yang diinginkan, biasanya di bagian footer atau sidebar.
  6. Isi teks kaki dengan teks, tautan, atau kode HTML yang Anda inginkan.
  7. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
BACA JUGA  Plugin WordPress untuk mengintegrasikan Google Fonts secara lokal

Anda juga dapat menggunakan beberapa widget teks untuk mengatur tampilan teks kaki dengan lebih fleksibel. Misalnya, Anda dapat menggunakan widget teks untuk menambahkan teks hak cipta dan widget tautan untuk menambahkan tautan ke halaman sosial media Anda.

6. Menggunakan Tema WordPress yang Mendukung Custom Footer

Beberapa tema WordPress memiliki fitur khusus yang memungkinkan Anda mengatur teks kaki dengan mudah melalui opsi pengaturan tema. Dalam beberapa kasus, tema WordPress dapat menyediakan opsi pengaturan yang memungkinkan Anda mengganti teks kaki tanpa perlu menyentuh kode atau menggunakan plugin tambahan.

Jika Anda ingin mengganti teks kaki di tema WordPress Anda dengan mudah, Anda dapat mencari tema WordPress yang menyediakan opsi pengaturan khusus untuk teks kaki. Ketika Anda memilih tema WordPress baru, pastikan untuk membaca deskripsi tema dan melihat apakah tema tersebut memiliki fitur pengaturan teks kaki yang Anda butuhkan.

Beberapa tema WordPress populer, seperti Divi, Avada, dan Astra, menyediakan opsi pengaturan yang luas untuk mengganti teks kaki dan mengatur tampilan teks kaki dengan mudah.

Penutup

Mengganti teks kaki di tema WordPress dapat dilakukan dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Anda dapat mengedit file footer.php, menggunakan plugin, mengubah tampilan teks kaki dengan CSS, menggunakan widget teks, atau memilih tema WordPress yang menyediakan fitur pengaturan teks kaki.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian Anda. Penting untuk diingat bahwa sebelum melakukan perubahan pada tema WordPress, pastikan untuk membuat cadangan situs web Anda terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *