Cara Mengganti Font di Situs WordPress

Sebagai pemilik situs WordPress, Anda mungkin ingin mengganti font di situs Anda agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan tema atau merek Anda. Mengganti font di situs WordPress tidaklah sulit, tetapi Anda perlu mengikuti beberapa langkah untuk melakukannya dengan benar. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengganti font di situs WordPress Anda.

1. Pilih Font yang Anda Inginkan

Langkah pertama dalam mengganti font di situs WordPress Anda adalah memilih font yang ingin Anda gunakan. Ada banyak sumber font yang tersedia secara online, baik gratis maupun berbayar. Anda dapat mencari font yang sesuai dengan tema atau merek situs Anda. Pastikan untuk memilih font yang mudah dibaca dan cocok untuk penggunaan di web.

2. Unduh dan Instal Font

Setelah Anda memilih font yang ingin digunakan, langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal font tersebut ke situs WordPress Anda. Beberapa font mungkin sudah terinstal di WordPress, tetapi jika font yang Anda pilih tidak termasuk di dalamnya, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya secara manual.

Untuk mengunduh font, kunjungi situs web sumber font yang Anda pilih. Biasanya, Anda akan menemukan tombol “Download” atau “Unduh” di situs tersebut. Klik tombol tersebut dan pilih opsi untuk mengunduh font ke komputer Anda.

Setelah Anda mengunduh font, Anda perlu menginstalnya di situs WordPress Anda. Langkah ini melibatkan mengunggah file font ke direktori font WordPress. Anda dapat melakukannya dengan mengakses panel admin WordPress Anda dan memilih “Penampilan” > “Editor”. Di sana, Anda akan melihat file “style.css” yang perlu diedit.

Buka file “style.css” dan temukan kode berikut:

BACA JUGA  Tutorial Membuat Laman Kategori di WordPress

/* =Theme NameTheme URIAuthorAuthor URIDescriptionVersionLicenseLicense URITagsText DomainDomain Path————————————————————–——————/*

Tambahkan kode CSS berikut di bawah komentar tersebut:

@font-face {font-family: ‘Nama Font’;src: url(‘/namafilefont.woff2′) format(‘woff2’),url(‘/namafilefont.woff’) format(‘woff’),url(‘/namafilefont.ttf’) format(‘truetype’);}

Pastikan untuk mengganti ‘Nama Font’ dengan nama font yang Anda download dan ‘namafilefont’ dengan nama file font yang sesuai.

Setelah Anda menambahkan kode CSS tersebut, simpan perubahan pada file “style.css” dan font akan diinstal di situs WordPress Anda.

3. Terapkan Font di Tema WordPress Anda

Setelah Anda menginstal font di situs WordPress Anda, langkah berikutnya adalah menerapkan font tersebut di tema WordPress Anda. Untuk melakukannya, Anda perlu mengedit file tema WordPress Anda.

Anda dapat mengedit file tema WordPress dengan mengakses panel admin WordPress Anda dan memilih “Penampilan” > “Editor”. Di sana, Anda akan melihat daftar file tema yang dapat diedit. Pilih file “style.css” atau file lain yang terkait dengan tampilan font di situs Anda.

Di dalam file tema, temukan elemen CSS yang mengatur font di situs Anda. Biasanya, elemen tersebut akan memiliki kode seperti:

body {font-family: Arial, sans-serif;}

Ganti kode font yang ada dengan CSS berikut:

body {font-family: ‘Nama Font’, Arial, sans-serif;}

Pastikan untuk mengganti ‘Nama Font’ dengan nama font yang Anda pilih.

Setelah Anda menyimpan perubahan tersebut, font baru akan diterapkan di situs WordPress Anda.

4. Periksa dan Uji Situs Anda

Setelah Anda mengganti font di situs WordPress Anda, pastikan untuk memeriksa dan menguji situs Anda untuk memastikan bahwa font baru tampil dengan benar. Buka situs Anda di berbagai perangkat dan browser untuk melihat apakah font tampil dengan konsisten dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

BACA JUGA  Plugin WordPress untuk membuat situs web afiliasi

Jika font tidak tampil dengan benar, Anda perlu memeriksa kembali langkah-langkah yang telah Anda lakukan untuk mengganti font. Pastikan Anda telah menginstal font dengan benar dan menerapkannya di tema WordPress Anda dengan benar.

5. Kesimpulan

Mengganti font di situs WordPress dapat memberikan tampilan yang segar dan sesuai dengan merek atau tema situs Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengganti font di situs WordPress Anda.

Ingatlah untuk memilih font yang mudah dibaca dan sesuai dengan penggunaan di web. Selain itu, pastikan Anda mengunduh dan menginstal font dengan benar, serta menerapkannya di tema WordPress Anda dengan benar.

Dengan mengganti font di situs WordPress Anda, Anda dapat meningkatkan tampilan dan kesan pengunjung terhadap situs Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *