Cara Menambahkan Widget Kustom di Sidebar WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress untuk mengelola situs web Anda, Anda mungkin sudah familiar dengan widget. Widget adalah elemen kecil yang dapat Anda tambahkan ke sidebar atau area widget lainnya di situs web Anda. Mereka memberikan cara yang mudah untuk menambahkan fungsi dan konten tambahan ke situs web Anda tanpa harus mengedit kode. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan widget kustom di sidebar WordPress Anda.

1. Langkah Pertama: Masuk ke Dasbor WordPress Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke dasbor WordPress Anda. Untuk melakukannya, buka browser web Anda dan masukkan alamat situs web Anda diikuti oleh “/wp-admin”. Misalnya, jika alamat situs web Anda adalah “www.contohwebsite.com”, Anda harus memasukkan “www.contohwebsite.com/wp-admin”. Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk.

2. Langkah Kedua: Buka Halaman Widgets

Setelah Anda masuk ke dasbor WordPress Anda, langkah berikutnya adalah membuka halaman widget. Untuk melakukannya, arahkan kursor Anda ke menu “Penampilan” di sebelah kiri dan klik “Widget”. Halaman widget akan terbuka, dan Anda akan melihat daftar semua widget yang tersedia untuk Anda.

3. Langkah Ketiga: Pilih Sidebar yang Ingin Anda Edit

Di halaman widget, Anda akan melihat daftar area widget yang tersedia di tema WordPress Anda. Biasanya, Anda akan memiliki setidaknya satu sidebar yang dapat Anda edit. Pilihlah sidebar yang ingin Anda tambahkan widget kustom kepadanya. Klik pada judul sidebar tersebut untuk membukanya.

4. Langkah Keempat: Pilih Widget yang Ingin Anda Tambahkan

Setelah Anda membuka sidebar yang ingin Anda edit, Anda akan melihat daftar semua widget yang saat ini ada di dalamnya. Di sini Anda dapat memilih widget yang ingin Anda tambahkan ke sidebar tersebut. Anda juga dapat melihat pratinjau widget sebelum menambahkannya dengan mengklik panah kecil di sebelah kanan widget.

BACA JUGA  Tampilan yang Menawan

5. Langkah Kelima: Atur Pengaturan Widget

Setelah Anda memilih widget yang ingin Anda tambahkan, Anda akan melihat pengaturan widget di bagian kanan halaman. Pengaturan ini akan berbeda tergantung pada jenis widget yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda memilih widget “Kategori”, Anda akan dapat mengatur judul widget, tampilan kategori, dan banyak lagi.

6. Langkah Keenam: Klik Tombol Simpan

Setelah Anda mengatur pengaturan widget sesuai keinginan Anda, pastikan untuk mengklik tombol “Simpan” di bagian kanan bawah halaman. Ini akan menyimpan perubahan Anda dan menambahkan widget yang dipilih ke sidebar Anda.

7. Langkah Ketujuh: Cek Situs Web Anda

Setelah Anda menyimpan widget, saatnya untuk memeriksa situs web Anda dan melihat apakah widget muncul di sidebar yang diinginkan. Buka situs web Anda dalam tab atau jendela browser baru dan periksa sidebar yang Anda edit. Widget yang Anda tambahkan harus muncul di sana dengan pengaturan yang Anda tentukan.

8. Langkah Terakhir: Mengedit atau Menghapus Widget

Jika Anda ingin mengedit atau menghapus widget yang telah Anda tambahkan sebelumnya, Anda dapat melakukan hal itu di halaman widget. Klik sidebar yang ingin Anda edit, dan Anda akan melihat daftar semua widget yang ada di dalamnya. Untuk mengedit widget, klik pada judul widget tersebut. Untuk menghapus widget, klik pada panah kecil di sebelah kanan widget dan pilih “Hapus”.

Kesimpulan

Menambahkan widget kustom ke sidebar WordPress Anda adalah cara yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan fungsionalitas dan konten situs web Anda. Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menambahkan widget kustom di sidebar WordPress Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan fitur situs web Anda sesuai keinginan Anda.

BACA JUGA  Panduan untuk memilih plugin form WordPress terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *