Cara Menambahkan Tombol ‘Call-to-Action’ di WordPress

Cara menambahkan tombol ‘Call-to-Action’ di WordPress membantu meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk menambahkan tombol ‘Call-to-Action’ yang menarik dan efektif di situs WordPress Anda. Tombol ‘Call-to-Action’ adalah elemen penting dalam strategi pemasaran online karena mereka memberikan arahan yang jelas kepada pengunjung mengenai tindakan yang diharapkan dari mereka. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat membuat tombol ‘Call-to-Action’ yang menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

1. Pilih Plugin ‘Call-to-Action’ yang Sesuai

Langkah pertama dalam menambahkan tombol ‘Call-to-Action’ di WordPress adalah memilih plugin yang sesuai. Ada banyak plugin ‘Call-to-Action’ yang tersedia di direktori plugin WordPress. Beberapa plugin populer termasuk “Buttonizer”, “Thrive Leads”, dan “Elementor”. Pilihlah plugin yang menawarkan fitur yang Anda butuhkan dan sesuai dengan kebutuhan situs Anda.

2. Install dan Aktifkan Plugin

Setelah Anda memilih plugin yang sesuai, langkah selanjutnya adalah menginstal dan mengaktifkannya di situs WordPress Anda. Untuk melakukan ini, buka dashboard WordPress Anda dan navigasikan ke bagian “Plugin” di sidebar. Klik “Tambah Baru” dan cari plugin yang telah Anda pilih. Setelah menemukannya, klik “Pasang Sekarang” dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah itu, klik “Aktifkan” untuk mengaktifkan plugin.

3. Buat Tombol ‘Call-to-Action’ Baru

Setelah plugin diinstal dan diaktifkan, langkah berikutnya adalah membuat tombol ‘Call-to-Action’ baru. Buka halaman atau posting di mana Anda ingin menambahkan tombol tersebut. Pada editor WordPress, Anda akan melihat tombol atau ikon yang dikaitkan dengan plugin yang Anda instal. Klik tombol tersebut untuk membuka pembuat tombol ‘Call-to-Action’.

4. Atur Teks dan Tampilan Tombol

Selanjutnya, atur teks dan tampilan tombol ‘Call-to-Action’. Anda dapat menentukan teks yang akan ditampilkan pada tombol dan mengubah warna, ukuran, dan gaya teks sesuai preferensi Anda. Pastikan teks yang Anda pilih jelas dan menggugah agar pengunjung tertarik untuk mengklik tombol tersebut.

BACA JUGA  Cara Mengganti URL Halaman di WordPress Tanpa Kehilangan Traffic

5. Tentukan Tindakan yang Diinginkan

Selanjutnya, tentukan tindakan yang diinginkan setelah pengunjung mengklik tombol ‘Call-to-Action’. Apakah Anda ingin mereka mengisi formulir, mengunduh ebook, mendaftar newsletter, atau melakukan tindakan lainnya? Pilihlah tindakan yang sesuai dengan tujuan Anda dan atur pengaturan yang diperlukan di plugin ‘Call-to-Action’.

6. Tempatkan Tombol ‘Call-to-Action’ di Tempat yang Strategis

Tempatkan tombol ‘Call-to-Action’ di tempat yang mudah ditemukan oleh pengunjung. Beberapa lokasi yang umum digunakan adalah di atas fold, di sidebar, di bagian akhir posting, atau di bilah header. Pilihlah lokasi yang paling efektif untuk membuat tombol ‘Call-to-Action’ Anda terlihat dengan jelas dan mengundang pengunjung untuk mengkliknya.

7. Uji dan Pantau Kinerja Tombol ‘Call-to-Action’

Setelah menambahkan tombol ‘Call-to-Action’ di situs WordPress Anda, penting untuk menguji dan memantau kinerjanya. Gunakan fitur analitik di plugin atau alat analitik lainnya untuk melacak jumlah klik dan konversi yang dihasilkan oleh tombol tersebut. Jika Anda menemukan bahwa tombol ‘Call-to-Action’ tidak efektif, coba variasikan teks, tampilan, atau lokasinya untuk meningkatkan kinerjanya.

Kesimpulan

Tombol ‘Call-to-Action’ adalah elemen penting dalam strategi pemasaran online. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan tombol ‘Call-to-Action’ yang menarik dan efektif di situs WordPress Anda. Ingatlah untuk memilih plugin yang sesuai, mengatur teks dan tampilan tombol dengan baik, menentukan tindakan yang diinginkan, menempatkannya di tempat yang strategis, dan menguji serta memantau kinerjanya. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan.

tombol call-to-action, WordPress, konversi pengunjung, plugin call-to-action, strategi pemasaran online, pembuat tombol call-to-action, tindakan yang diinginkan, tempat yang strategis, kinerja tombol call-to-action, meningkatkan konversi pengunjung.

BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Judul Halaman di Halaman Tertentu di WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *