Cara menambahkan tombol back to top dengan efek animasi di WordPress

Cara menambahkan tombol back to top dengan efek animasi di WordPress

Jika Anda memiliki website WordPress yang panjang atau berisi konten yang memerlukan scrolling, maka menambahkan tombol “back to top” akan membantu pengguna untuk dengan mudah kembali ke bagian atas halaman. Tombol ini juga dapat diberikan efek animasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah untuk menambahkan tombol back to top dengan efek animasi di WordPress.

Langkah 1: Menginstal dan Mengaktifkan Plugin

Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin yang akan digunakan untuk menambahkan tombol back to top. Ada beberapa plugin yang tersedia di WordPress Plugin Repository yang dapat Anda gunakan, seperti “Easy Smooth Scroll Links” atau “Scroll Back to Top”. Cari plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal plugin tersebut.

Langkah 2: Mengatur Opsi Plugin

Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, langkah berikutnya adalah mengatur opsi plugin. Biasanya, plugin akan memiliki opsi pengaturan yang dapat diakses melalui menu “Pengaturan” di dasbor WordPress Anda. Pada opsi pengaturan, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan perilaku tombol back to top sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 3: Menambahkan Kode ke Theme Anda

Setelah mengatur opsi plugin, langkah selanjutnya adalah menambahkan kode ke theme WordPress Anda. Kode ini akan menempatkan tombol back to top di halaman web Anda. Untuk melakukannya, buka editor tema WordPress Anda dan cari file yang berkaitan dengan tampilan halaman yang ingin Anda tambahkan tombol back to top.

Masukkan kode berikut di bagian atas file template tersebut:

<a href="#" class="back-to-top"><i class="fa fa-angle-up"></i></a>

Pastikan Anda menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan pada file template tersebut.

BACA JUGA  Membuat Situs WordPress yang Sesuai dengan GDPR

Langkah 4: Menambahkan CSS untuk Efek Animasi

Setelah menambahkan kode tombol back to top, langkah terakhir adalah menambahkan CSS untuk memberikan efek animasi pada tombol tersebut. Anda dapat menambahkan CSS ini di file style.css theme WordPress Anda atau menggunakan plugin khusus untuk menambahkan CSS kustom.

Berikut adalah contoh CSS yang dapat Anda gunakan:

.back-to-top {position: fixed;bottom: 20px;right: 20px;display: none;width: 50px;height: 50px;text-decoration: none;text-align: center;background-color: #000000;color: #ffffff;border-radius: 50%;z-index: 9999;opacity: 0.5;transition: opacity 0.3s ease;}

.back-to-top:hover {opacity: 1;}

Simpan perubahan yang Anda lakukan pada file CSS tersebut.

Langkah 5: Mengaktifkan Animasi Scroll

Setelah menambahkan kode dan CSS, Anda perlu mengaktifkan animasi scroll agar tombol back to top berfungsi dengan benar. Untuk melakukannya, Anda dapat menambahkan kode JavaScript berikut di file JavaScript theme WordPress Anda atau menggunakan plugin khusus untuk menambahkan JavaScript kustom.

jQuery(document).ready(function(){jQuery(window).scroll(function(){if (jQuery(this).scrollTop() > 200) {jQuery('.back-to-top').fadeIn();} else {jQuery('.back-to-top').fadeOut();}});

jQuery('.back-to-top').click(function(){jQuery('html, body').animate({scrollTop : 0},800);return false;});});

Simpan perubahan yang sudah Anda lakukan pada file JavaScript tersebut.

Sekarang, tombol back to top dengan efek animasi sudah ditambahkan ke website WordPress Anda. Pengguna akan melihat tombol ini muncul saat mereka melakukan scroll ke bawah, dan mereka dapat mengklik tombol tersebut untuk kembali ke bagian atas halaman dengan efek animasi yang halus.

Anda dapat menyesuaikan tampilan dan perilaku tombol back to top sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dengan mengedit pengaturan plugin atau mengubah kode CSS dan JavaScript yang sudah diberikan. Pastikan Anda menguji tombol back to top tersebut untuk memastikan semua berfungsi dengan baik di website Anda.

Dengan menambahkan tombol back to top dengan efek animasi di WordPress, Anda memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung situs Anda. Pengguna akan lebih mudah untuk kembali ke bagian atas halaman dan halaman web Anda akan terasa lebih interaktif dengan adanya efek animasi yang halus. Jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah di atas dan lihatlah perbedaannya sendiri!

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *