Cara Menambahkan Testimonial Pelanggan di Situs WordPress

Testimonial pelanggan adalah salah satu elemen penting dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas bagi bisnis Anda. Dengan menampilkan testimoni positif dari pelanggan, Anda dapat meyakinkan calon pelanggan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan berkualitas dan dapat dipercaya. Jika Anda memiliki situs WordPress, Anda dapat dengan mudah menambahkan testimonial pelanggan dengan menggunakan beberapa plugin dan metode yang sederhana. Artikel ini akan menjelaskan cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan testimonial pelanggan di situs WordPress Anda.

Menggunakan Plugin Testimonial

Salah satu cara termudah untuk menambahkan testimonial pelanggan di situs WordPress adalah dengan menggunakan plugin testimonial. Plugin ini dapat membantu Anda membuat formulir khusus yang memungkinkan pelanggan Anda mengirimkan testimoni mereka secara langsung melalui situs Anda. Beberapa plugin populer yang dapat Anda gunakan adalah:

  1. Testimonial Rotator: Plugin ini memungkinkan Anda membuat daftar testimonial yang dapat diputar secara otomatis atau manual.
  2. Strong Testimonials: Plugin ini menawarkan berbagai fitur termasuk desain yang responsif, pengaturan tampilan yang fleksibel, dan dukungan gambar.
  3. Easy Testimonials: Plugin ini memungkinkan Anda menambahkan testimonial melalui widget, shortcode, atau editor blok Gutenberg.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin yang Anda pilih, Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda. Beberapa pengaturan yang umumnya ditawarkan termasuk tampilan, animasi, dan mode tampilan testimonial.

Membuat Halaman Testimonial

Setelah Anda memiliki plugin testimonial yang diinginkan, langkah berikutnya adalah membuat halaman testimonial di situs WordPress Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman baru atau mengedit halaman yang sudah ada. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka dashboard WordPress Anda dan pilih “Halaman” di menu samping.
  2. Pilih “Tambah Baru” untuk membuat halaman baru atau pilih halaman yang sudah ada untuk diedit.
  3. Beri judul halaman seperti “Testimonial Pelanggan” atau apa pun yang sesuai dengan konten yang akan Anda tampilkan.
  4. Gunakan editor blok Gutenberg atau editor klasik untuk membuat tata letak halaman testimonial.
  5. Gunakan blok teks untuk menambahkan deskripsi atau pengantar tentang testimoni pelanggan.
  6. Tambahkan blok testimonial dari plugin testimonial yang Anda pilih.
  7. Pilih dan atur testimonial yang ingin ditampilkan di halaman tersebut.
  8. Simpan dan terbitkan halaman testimonial.
BACA JUGA  Menggunakan Google Analytics untuk melacak kinerja situs WordPress

Setelah halaman testimonial Anda terbit, Anda dapat menambahkan tautan ke halaman tersebut di menu navigasi situs Anda agar mudah diakses oleh pengunjung.

Menggunakan Widget Testimonial

Selain menampilkan testimonial di halaman khusus, Anda juga dapat menambahkan widget testimonial di sidebar atau bagian lain situs WordPress Anda. Widget ini akan memungkinkan Anda menampilkan beberapa testimonial secara acak atau dalam urutan tertentu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka dashboard WordPress Anda dan pilih “Tampilan” > “Widget” di menu samping.
  2. Pilih area widget yang ingin Anda gunakan, misalnya “Sidebar Utama” atau “Sidebar Kanan”.
  3. Pilih widget “Testimonial” atau “Text” dan seret ke area widget yang Anda inginkan.
  4. Atur pengaturan widget seperti judul, tampilan, dan jumlah testimonial yang ingin ditampilkan.
  5. Simpan pengaturan widget.

Setelah Anda menyimpan pengaturan widget, testimonial pelanggan akan ditampilkan di situs WordPress Anda sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

Menyesuaikan Tampilan Testimonial

Beberapa plugin testimonial memberikan opsi untuk menyesuaikan tampilan testimonial agar sesuai dengan tema dan desain situs WordPress Anda. Anda dapat mengubah gaya, ukuran, warna, dan tata letak testimonial sesuai keinginan Anda. Beberapa plugin juga menyediakan opsi untuk menambahkan gambar pelanggan atau logo perusahaan sebagai bagian dari testimonial.

Jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang CSS, Anda juga dapat menyesuaikan tampilan testimonial dengan menggunakan kode CSS kustom. Dalam hal ini, Anda perlu membuka editor CSS situs WordPress Anda dan menambahkan kode CSS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meminta Testimonial dari Pelanggan

Untuk mendapatkan testimonial yang berkualitas, Anda perlu menghubungi pelanggan Anda dan meminta mereka untuk memberikan testimoni. Berikut adalah beberapa tips untuk meminta testimonial dari pelanggan:

  • Kirimkan email kepada pelanggan yang puas dan minta mereka untuk berbagi pengalaman positif mereka.
  • Tanyakan pertanyaan spesifik tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan untuk membantu mereka memberikan testimoni yang lebih terperinci.
  • Berikan insentif kepada pelanggan untuk memberikan testimoni, misalnya diskon tambahan atau hadiah kecil.
  • Buat proses memberikan testimoni semudah mungkin, misalnya dengan menyediakan formulir online atau mengarahkan mereka ke halaman testimonial di situs Anda.
  • Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang memberikan testimoni dan berikan mereka umpan balik positif.
BACA JUGA  Cara Menambahkan Efek Hover pada Gambar di WordPress

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menggunakan plugin testimonial yang sesuai, Anda dapat dengan mudah menambahkan testimonial pelanggan di situs WordPress Anda. Testimonial ini akan membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas bagi bisnis Anda serta meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan testimonial pelanggan sebagai salah satu strategi pemasaran Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *