Cara menambahkan teks berjalan di header WordPress

Cara menambahkan teks berjalan di header WordPress adalah salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian pengunjung ke situs web Anda. Teks berjalan atau marquee dapat digunakan untuk menampilkan pesan atau informasi penting yang ingin Anda sampaikan kepada pengunjung situs Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk menambahkan teks berjalan di header WordPress.

Langkah 1: Instalasi Plugin Teks Berjalan

Langkah pertama adalah menginstal plugin teks berjalan di situs WordPress Anda. Plugin ini akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan teks berjalan di header situs web Anda. Ada beberapa plugin yang tersedia di direktori plugin WordPress, seperti “Marquee Widget” atau “Marquee Plugin”. Anda dapat memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

  1. Buka dashboard WordPress Anda dan arahkan ke menu “Plugin” di sidebar kiri.
  2. Klik pada opsi “Tambah Baru”.
  3. Di kolom pencarian di bagian kanan atas, ketik “marquee”.
  4. Plugin-plugin yang tersedia akan ditampilkan. Pilih plugin yang Anda inginkan dan klik tombol “Pasang Sekarang”.
  5. Aktifkan plugin setelah instalasi selesai.

Langkah 2: Konfigurasi Plugin Teks Berjalan

Setelah menginstal plugin teks berjalan, langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi plugin tersebut. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan perilaku teks berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Buka dashboard WordPress Anda dan arahkan ke menu “Penampilan” di sidebar kiri.
  2. Klik pada opsi “Widget”.
  3. Anda akan melihat daftar area widget yang tersedia di tema Anda. Pilih area widget yang ingin Anda gunakan untuk menempatkan teks berjalan. Misalnya, jika Anda ingin menempatkannya di header situs web, pilih area widget “Header”.
  4. Tambahkan widget teks berjalan ke area widget yang Anda pilih dengan mengklik tombol “Tambahkan Widget”.
  5. Konfigurasi widget teks berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengatur judul widget, teks berjalan, kecepatan, arah pergerakan, dan lainnya.
  6. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.
BACA JUGA  Cara Menambahkan Fitur Live Chat di Situs WordPress

Langkah 3: Tambahkan Teks Berjalan

Sekarang, saatnya menambahkan teks berjalan ke widget yang telah Anda konfigurasi. Anda dapat menampilkan pesan, pengumuman, atau informasi penting lainnya dalam teks berjalan ini.

  1. Buka dashboard WordPress Anda dan arahkan ke menu “Penampilan” di sidebar kiri.
  2. Klik pada opsi “Widget”.
  3. Pilih area widget yang telah Anda pilih sebelumnya untuk menempatkan teks berjalan.
  4. Cari widget teks berjalan yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Klik pada widget tersebut untuk membukanya.
  5. Anda akan melihat opsi untuk menambahkan teks berjalan. Ketik teks yang ingin Anda tampilkan dalam teks berjalan ini.
  6. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 4: Lihat Hasilnya

Sekarang, buka situs web Anda untuk melihat teks berjalan yang telah Anda tambahkan di header. Pastikan teks berjalan berfungsi dengan baik dan tampil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Tambahan:

1. Jangan menggunakan teks berjalan dengan kecepatan terlalu cepat. Ini bisa membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan sulit untuk membaca pesan yang ditampilkan.

2. Pastikan teks berjalan tetap terlihat dengan baik pada berbagai perangkat, termasuk ponsel dan tablet.

3. Gunakan teks berjalan hanya untuk informasi penting dan hindari penggunaannya secara berlebihan. Terlalu banyak teks berjalan dapat mengganggu pengalaman pengunjung dan membuat situs Anda terlihat tidak profesional.

4. Experiment with different styles and designs for your scrolling text to make it more visually appealing.

Kesimpulan

Teks berjalan adalah fitur yang berguna untuk menampilkan informasi penting di header situs WordPress Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks berjalan di situs web Anda. Pastikan Anda mengatur teks berjalan dengan bijak dan hanya menggunakan informasi yang relevan dan penting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengoptimalkan situs WordPress Anda!

BACA JUGA  Tema WordPress untuk Blog Fashion dan Gaya Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *