Cara menambahkan tautan ‘Kembali ke atas’ di situs WordPress

Cara menambahkan tautan ‘Kembali ke atas’ di situs WordPress

Jika Anda memiliki situs WordPress, mungkin Anda pernah melihat tautan “Kembali ke atas” di beberapa situs web. Tautan ini memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah kembali ke bagian atas halaman tanpa harus menggulir kembali secara manual. Tautan ini sangat berguna terutama jika halaman Anda sangat panjang dan pengunjung harus menggulir jauh ke bawah untuk kembali ke bagian atas. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan tautan “Kembali ke atas” di situs WordPress Anda.

1. Gunakan Plugin

Salah satu cara termudah untuk menambahkan tautan “Kembali ke atas” di situs WordPress Anda adalah dengan menggunakan plugin. Plugin ini akan membantu Anda menghemat waktu dan usaha dalam mengedit kode situs Anda. Berikut adalah beberapa plugin yang bisa Anda gunakan:

  1. Scroll Back to Top
  2. Plugin ini memungkinkan Anda dengan mudah menambahkan tautan “Kembali ke atas” di situs WordPress Anda. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan gaya tautan sesuai keinginan Anda.

  3. WP-PageNavi
  4. Plugin ini tidak hanya menambahkan tautan “Kembali ke atas”, tetapi juga membantu meningkatkan navigasi halaman di situs WordPress Anda. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan gaya tautan sesuai keinginan Anda.

  5. Easy Smooth Scroll Links
  6. Plugin ini menambahkan tautan “Kembali ke atas” dengan efek animasi yang halus saat pengunjung mengkliknya. Ini memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi pengunjung situs Anda.

2. Mengedit Tema WordPress Anda

Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin, Anda juga dapat menambahkan tautan “Kembali ke atas” dengan mengedit tema WordPress Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tampilan editor tema di dashboard WordPress Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui menu “Penampilan” dan kemudian pilih opsi “Editor”.
  2. Pilih file “footer.php” untuk mengedit bagian footer situs Anda.
  3. Tambahkan kode berikut di bagian bawah file “footer.php”:
  4. <a href="#top">Kembali ke atas</a>
  5. Simpan perubahan dan periksa situs Anda. Anda sekarang akan melihat tautan “Kembali ke atas” di bagian bawah situs WordPress Anda.
BACA JUGA  Cara Mengubah Pemilik Situs WordPress

3. Gunakan Kode JavaScript

Jika Anda ingin lebih menyesuaikan tautan “Kembali ke atas” di situs WordPress Anda, Anda dapat menggunakan kode JavaScript. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tampilan editor tema di dashboard WordPress Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui menu “Penampilan” dan kemudian pilih opsi “Editor”.
  2. Pilih file “footer.php” untuk mengedit bagian footer situs Anda.
  3. Tambahkan kode berikut di bagian bawah file “footer.php”:
  4. <script>jQuery(document).ready(function($){var offset = 300;var duration = 500;$(window).scroll(function(){if ($(this).scrollTop() > offset) {$('.back-to-top').fadeIn(duration);} else {$('.back-to-top').fadeOut(duration);}});$('.back-to-top').click(function(event){event.preventDefault();$('html, body').animate({scrollTop: 0}, duration);return false;})});</script>
  5. Tambahkan tautan “Kembali ke atas” di bagian bawah file “footer.php”:
  6. <a href="#top" class="back-to-top">Kembali ke atas</a>
  7. Simpan perubahan dan periksa situs Anda. Sekarang, tautan “Kembali ke atas” akan muncul saat pengunjung menggulir ke bawah dan menghilang saat mereka sudah di bagian atas halaman.

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa cara untuk menambahkan tautan “Kembali ke atas” di situs WordPress Anda. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan pengalaman pengunjung di situs WordPress Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *