Cara Menambahkan Sumber Daya Eksternal pada Halaman Khusus di WordPress

Cara Menambahkan Sumber Daya Eksternal pada Halaman Khusus di WordPress

Cara Menambahkan Sumber Daya Eksternal pada Halaman Khusus di WordPress – WordPress adalah platform yang sangat populer untuk membuat dan mengelola situs web. Namun, terkadang kita perlu menambahkan sumber daya eksternal, seperti video, audio, atau widget ke halaman khusus. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk menambahkan sumber daya eksternal pada halaman khusus di WordPress.

1. Temukan sumber daya eksternal yang ingin Anda tambahkan

Langkah pertama adalah menemukan sumber daya eksternal yang ingin Anda tambahkan ke halaman khusus Anda. Ini bisa berupa video dari YouTube, audio dari SoundCloud, atau widget dari layanan pihak ketiga lainnya. Pastikan Anda memiliki URL atau kode embed sumber daya tersebut.

2. Masuk ke editor halaman khusus Anda

Selanjutnya, masuk ke dashboard WordPress Anda dan buka halaman khusus tempat Anda ingin menambahkan sumber daya eksternal. Pilih “Halaman” dari menu samping, lalu cari dan klik judul halaman khusus yang ingin Anda edit.

3. Aktifkan mode pengeditan HTML

Setelah Anda masuk ke editor halaman khusus, Anda perlu mengaktifkan mode pengeditan HTML. Biasanya, mode pengeditan visual akan aktif secara default. Namun, Anda harus mengklik tab “Text” atau “HTML” di bagian atas editor untuk beralih ke mode pengeditan HTML.

4. Temukan lokasi di mana Anda ingin menambahkan sumber daya eksternal

Sekarang, Anda perlu menemukan lokasi di halaman khusus Anda di mana Anda ingin menambahkan sumber daya eksternal. Anda bisa memilih untuk menambahkannya di awal, tengah, atau akhir halaman. Cari teks atau kode yang relevan dengan posisi yang diinginkan.

5. Tambahkan kode embed sumber daya eksternal

Selanjutnya, tambahkan kode embed sumber daya eksternal ke lokasi yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika Anda memiliki URL sumber daya eksternal, Anda perlu menggunakan kode embed yang disediakan oleh layanan tersebut (misalnya, kode iframe untuk video YouTube).

BACA JUGA  Mengelola Komentar Pengguna di Situs WordPress Anda: Panduan Praktis

6. Periksa tampilan halaman Anda

Setelah Anda menambahkan kode embed sumber daya eksternal, periksa tampilan halaman Anda untuk memastikan sumber daya tersebut ditampilkan dengan benar. Jika tidak, Anda mungkin perlu menyesuaikan posisi atau kode embed yang Anda tambahkan.

7. Simpan dan terbitkan halaman Anda

Jika sumber daya eksternal ditampilkan dengan benar, Anda dapat menyimpan dan menerbitkan halaman Anda. Klik tombol “Update” atau “Publish” untuk mengaplikasikan perubahan dan membuat sumber daya eksternal dapat dilihat oleh pengunjung situs Anda.

8. Uji tampilan halaman di berbagai perangkat

Terakhir, pastikan untuk menguji tampilan halaman Anda di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan ponsel. Ini penting karena tampilan sumber daya eksternal dapat bervariasi tergantung pada ukuran layar dan perangkat yang digunakan pengunjung situs Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan sumber daya eksternal pada halaman khusus di WordPress. Ingatlah untuk selalu memeriksa tampilan halaman Anda setelah menambahkan sumber daya, dan pastikan untuk menyimpan dan menerbitkan perubahan yang telah Anda buat.

Dengan artikel ini, kami berharap Anda dapat menguasai cara menambahkan sumber daya eksternal pada halaman khusus di WordPress. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *