Cara Menambahkan Lencana Keamanan SSL di Situs WordPress

Cara Menambahkan Lencana Keamanan SSL di Situs WordPress

Situs web yang menggunakan protokol SSL (Secure Sockets Layer) memberikan lapisan keamanan tambahan untuk pengunjung dan pemilik situs. Dengan menginstal sertifikat SSL, Anda dapat memastikan bahwa semua data yang ditransmisikan antara pengunjung dan server Anda terenkripsi dan terlindungi dari serangan pihak ketiga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk menambahkan lencana keamanan SSL di situs WordPress Anda. Ikuti panduan ini dengan seksama untuk memastikan keamanan dan kepercayaan bagi pengunjung Anda.

Langkah 1: Dapatkan Sertifikat SSL

Langkah pertama dalam menambahkan lencana keamanan SSL di situs WordPress Anda adalah dengan mendapatkan sertifikat SSL. Ada beberapa cara untuk mendapatkan sertifikat SSL, dan kami akan menjelaskan dua cara yang paling umum digunakan di sini:

  1. Beli Sertifikat SSL dari Otoritas Sertifikat Terpercaya
  2. Langkah pertama adalah dengan membeli sertifikat SSL dari otoritas sertifikat terpercaya. Ada banyak penyedia sertifikat SSL yang dapat Anda pilih, seperti Comodo, Symantec, dan Let’s Encrypt. Cari penyedia sertifikat SSL yang menawarkan harga yang terjangkau dan tingkat keamanan yang tinggi.

  3. Dapatkan Sertifikat SSL Gratis menggunakan Let’s Encrypt
  4. Jika Anda memiliki anggaran terbatas atau ingin mencoba sertifikat SSL sebelum membelinya, Anda dapat menggunakan Let’s Encrypt untuk mendapatkan sertifikat SSL gratis. Let’s Encrypt adalah proyek sumber terbuka yang menyediakan sertifikat SSL gratis. Anda dapat menginstal dan mengelola sertifikat SSL Let’s Encrypt dengan mudah melalui panel kontrol hosting Anda.

Langkah 2: Instal Sertifikat SSL

Setelah Anda mendapatkan sertifikat SSL, langkah selanjutnya adalah menginstalnya di situs WordPress Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menginstal sertifikat SSL:

  1. Unduh Sertifikat SSL dan Kunci Pribadi
  2. Pertama, unduh sertifikat SSL dan kunci pribadi yang diberikan oleh penyedia sertifikat SSL Anda. Biasanya, Anda akan menerima file berekstensi .crt atau .pem untuk sertifikat SSL dan file berekstensi .key untuk kunci pribadi.

  3. Login ke Panel Kontrol Hosting Anda
  4. Login ke panel kontrol hosting Anda, seperti cPanel atau Plesk. Cari opsi yang berkaitan dengan keamanan atau sertifikat SSL.

  5. Temukan Opsi Instalasi Sertifikat SSL
  6. Cari opsi yang memungkinkan Anda menginstal sertifikat SSL. Biasanya, Anda akan menemukan opsi seperti “SSL/TLS Manager” atau “Security” di panel kontrol hosting Anda.

  7. Upload Sertifikat SSL dan Kunci Pribadi
  8. Upload file sertifikat SSL dan kunci pribadi yang sudah Anda unduh sebelumnya. Ikuti petunjuk yang ada di panel kontrol hosting Anda untuk mengunggah file-file ini.

  9. Konfigurasikan Pengalihan HTTPS
  10. Setelah Anda mengunggah sertifikat SSL dan kunci pribadi, konfigurasikan pengalihan HTTPS di panel kontrol hosting Anda. Pengalihan HTTPS akan memastikan bahwa pengunjung Anda secara otomatis dialihkan ke versi aman (HTTPS) dari situs web Anda.

  11. Verifikasi Instalasi SSL
  12. Setelah mengkonfigurasi pengalihan HTTPS, verifikasi instalasi SSL Anda dengan mengunjungi situs web Anda melalui protokol HTTPS. Pastikan lencana keamanan SSL muncul di bilah alamat browser. Jika lencana keamanan SSL muncul, itu berarti sertifikat SSL Anda berhasil diinstal.

Langkah 3: Perbarui Pengaturan WordPress

Setelah Anda menginstal sertifikat SSL, langkah terakhir adalah memperbarui pengaturan WordPress Anda untuk menggunakan protokol HTTPS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke Dashboard WordPress Anda
  2. Login ke dashboard WordPress Anda menggunakan akun administrator Anda.

  3. Buka Pengaturan Umum
  4. Di dashboard WordPress, buka menu “Pengaturan” dan pilih “Umum”.

  5. Perbarui URL Situs
  6. Perbarui URL situs WordPress Anda menjadi versi HTTPS. Ubah “http://” menjadi “https://” di depan URL situs Anda.

  7. Simpan Perubahan
  8. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan pengaturan baru Anda.

Setelah Anda menyimpan perubahan, situs WordPress Anda sekarang akan menggunakan protokol HTTPS. Pengunjung Anda akan melihat lencana keamanan SSL dan merasa lebih aman saat mengunjungi situs Anda.

Kesimpulan

Menambahkan lencana keamanan SSL di situs WordPress Anda sangat penting untuk melindungi data pengunjung Anda dan membangun kepercayaan dengan mereka. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara mendapatkan sertifikat SSL dan menginstalnya di situs WordPress Anda. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan seksama untuk memastikan keamanan dan kepercayaan bagi pengunjung Anda.

BACA JUGA  Cara Membuat Widget Daftar Putar Musik di Situs WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *