Cara Menambahkan Formulir Pendaftaran Anggota di Situs WordPress

Cara Menambahkan Formulir Pendaftaran Anggota di Situs WordPress

Apakah Anda memiliki situs WordPress yang ingin Anda gunakan untuk mendaftarkan anggota? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang cara menambahkan formulir pendaftaran anggota di situs WordPress Anda dengan mudah.

Langkah 1: Instalasi dan Aktivasi Plugin Pendaftaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin pendaftaran anggota WordPress. Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan, tetapi kami merekomendasikan Anda menggunakan plugin WPForms. WPForms adalah plugin formulir WordPress yang populer dan mudah digunakan.

Langkah 2: Buat Formulir Pendaftaran

Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin WPForms, langkah berikutnya adalah membuat formulir pendaftaran anggota. Untuk melakukannya, buka WPForms di menu WordPress Anda dan klik “Add New”. Beri nama formulir Anda dan pilih template pendaftaran anggota yang sudah disediakan.

Langkah 3: Sesuaikan Formulir Anda

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan formulir pendaftaran anggota sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menambahkan atau menghapus bidang yang ada, mengubah label bidang, atau menyesuaikan tata letak formulir. Pastikan formulir pendaftaran Anda termasuk semua informasi yang Anda butuhkan dari anggota baru.

Langkah 4: Konfigurasi Pemberitahuan

Setelah Anda menyesuaikan formulir pendaftaran anggota, langkah berikutnya adalah mengonfigurasi pemberitahuan. Anda dapat mengatur formulir untuk mengirimkan pemberitahuan ke alamat email yang Anda tentukan setiap kali ada anggota baru mendaftar. Ini akan memudahkan Anda untuk melacak pendaftaran dan menghubungi anggota baru dengan cepat.

Langkah 5: Menambahkan Formulir ke Halaman atau Postingan

Sekarang, saatnya untuk menambahkan formulir pendaftaran anggota ke halaman atau postingan situs WordPress Anda. WPForms membuatnya sangat mudah. Setelah menyimpan formulir yang sudah Anda sesuaikan, salin kode yang diberikan. Kemudian, buka halaman atau postingan di mana Anda ingin menambahkan formulir tersebut dan tempelkan kode formulir di editor.

BACA JUGA  Cara Mengganti Format Tanggal di Situs WordPress

Langkah 6: Publikasikan dan Uji Formulir Anda

Setelah menambahkan formulir pendaftaran anggota ke halaman atau postingan, simpan perubahan dan publikasikan halaman atau postingan tersebut. Anda sekarang bisa mengunjungi situs web Anda dan mencoba formulir pendaftaran anggota yang baru dibuat. Pastikan semua bidang berfungsi dengan benar dan data anggota baru tersimpan dengan baik.

Langkah 7: Kelola Anggota

Setelah anggota mendaftar melalui formulir yang sudah Anda buat, Anda perlu mengelola informasi anggota dengan baik. Anda dapat melihat daftar anggota baru, mengedit profil anggota, atau menghapus anggota yang tidak aktif. Pastikan Anda memperbarui informasi anggota secara berkala untuk memastikan data tetap akurat.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menambahkan formulir pendaftaran anggota di situs WordPress Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat formulir pendaftaran anggota yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mengelola anggota dengan lebih efisien. Jangan lupa untuk mengaktifkan plugin WPForms dan mulai membuat formulir pendaftaran anggota yang menarik!

Keyword:

WordPress, formulir pendaftaran anggota, tutorial WordPress, langkah-langkah WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *