Cara Menambahkan Fitur Live Chat di Situs WordPress

Cara Menambahkan Fitur Live Chat di Situs WordPress

Apakah Anda ingin meningkatkan interaksi dengan pengunjung situs WordPress Anda? Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menambahkan fitur live chat. Dengan memasang fitur ini, Anda dapat memberikan dukungan secara real-time kepada pengunjung Anda dan menjawab pertanyaan mereka dengan cepat dan efektif.

Fitur live chat juga dapat membantu Anda meningkatkan tingkat konversi dan menjaga pengunjung tetap di situs Anda. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda tentang cara menambahkan fitur live chat di situs WordPress Anda dengan menggunakan plugin yang mudah dan efisien.

Langkah 1: Pilih Plugin Live Chat

Langkah pertama adalah memilih plugin live chat yang akan Anda gunakan. Ada banyak plugin live chat yang tersedia untuk WordPress, tetapi salah satu yang paling populer adalah LiveChat.

Untuk memasang LiveChat, Anda perlu membuat akun dengan penyedia layanan dan mengatur widget live chat Anda. Setelah itu, Anda akan menerima kode unik yang perlu Anda tambahkan ke situs WordPress Anda.

Langkah 2: Instal dan Aktifkan Plugin

Setelah Anda mendapatkan kode unik dari penyedia layanan live chat, langkah selanjutnya adalah menginstal dan mengaktifkan plugin di situs WordPress Anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke panel admin WordPress Anda.
  2. Pilih “Plugin” di menu samping.
  3. Klik “Add New”.
  4. Cari plugin “LiveChat” di kolom pencarian.
  5. Pilih plugin LiveChat dan klik “Install Now”.
  6. Aktifkan plugin setelah proses instalasi selesai.

Langkah 3: Konfigurasi Plugin

Setelah mengaktifkan plugin, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi. Untuk mengatur LiveChat, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman “Settings” di panel admin WordPress Anda.
  2. Pilih “LiveChat” dari menu.
  3. Masukkan kode unik yang Anda terima dari penyedia layanan live chat.
  4. Pilih bagaimana Anda ingin menampilkan widget live chat di situs Anda.
  5. Atur pengaturan lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  6. Klik “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan Anda.
BACA JUGA  Cara mengoptimalkan situs WordPress untuk kecepatan Google Core Web Vitals

Langkah 4: Mulai Menggunakan Fitur Live Chat

Setelah Anda mengatur plugin, Anda siap untuk mulai menggunakan fitur live chat di situs WordPress Anda. Anda dapat memantau percakapan dengan pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka secara real-time.

Pastikan Anda merespons dengan cepat dan memberikan solusi yang memuaskan kepada pengunjung Anda. Juga, pastikan untuk mengatur waktu operasional untuk live chat agar pengunjung tidak kecewa jika mereka tidak mendapatkan jawaban langsung di luar jam kerja Anda.

Kesimpulan

Menambahkan fitur live chat di situs WordPress Anda adalah langkah yang cerdas untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung dan meningkatkan tingkat konversi. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah dan efektif memasang fitur live chat di situs WordPress Anda.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Segera tambahkan fitur live chat ke situs WordPress Anda dan lihatlah dampak positif yang akan dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *