Cara Memperbaiki Pesan Kesalahan ‘Memori Terlampaui’ di WordPress

Cara Memperbaiki Pesan Kesalahan ‘Memori Terlampaui’ di WordPress

WordPress adalah platform yang populer digunakan untuk membuat dan mengelola situs web. Namun, seperti halnya platform lainnya, WordPress juga dapat menghadapi masalah dan kesalahan. Salah satu pesan kesalahan yang umum ditemui oleh pengguna WordPress adalah ‘Memori Terlampaui’. Pesan ini muncul ketika website Anda mencoba menggunakan lebih banyak memori daripada yang diizinkan oleh server hosting. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memperbaiki pesan kesalahan ‘Memori Terlampaui’ di WordPress.

Apa yang Menyebabkan Pesan Kesalahan ‘Memori Terlampaui’?

Sebelum kita membahas cara memperbaiki pesan kesalahan ini, penting untuk memahami mengapa pesan tersebut muncul. Pesan kesalahan ‘Memori Terlampaui’ biasanya terkait dengan penggunaan memori yang berlebihan oleh plugin atau tema yang Anda gunakan di WordPress Anda. Ketika plugin atau tema tersebut menggunakan terlalu banyak memori, server hosting akan menghentikan eksekusi lebih lanjut dan menghasilkan pesan kesalahan ini. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan memori berlebihan, seperti plugin yang tidak dioptimalkan, kode yang buruk, atau pengaturan server yang tidak memadai.

Langkah-langkah untuk Memperbaiki Pesan Kesalahan ‘Memori Terlampaui’

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki pesan kesalahan ‘Memori Terlampaui’ di WordPress:

  1. Mengidentifikasi Plugin atau Tema yang Menggunakan Terlalu Banyak Memori
  2. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi plugin atau tema yang menggunakan terlalu banyak memori. Anda dapat melakukannya dengan menonaktifkan semua plugin dan mengaktifkannya satu per satu sambil memeriksa apakah pesan kesalahan muncul. Jika pesan kesalahan muncul setelah mengaktifkan plugin tertentu, maka plugin tersebut adalah penyebab masalah. Untuk tema, Anda dapat beralih ke tema default WordPress untuk memeriksa apakah pesan kesalahan masih muncul. Setelah mengidentifikasi plugin atau tema yang menyebabkan masalah, Anda dapat memilih untuk menggantinya dengan alternatif yang lebih ringan atau menghubungi pengembang untuk memperbaiki masalah tersebut.

  3. Mengubah Pengaturan Memori PHP
  4. Jika Anda yakin bahwa plugin atau tema yang Anda gunakan tidak berlebihan dalam penggunaan memori, Anda dapat mencoba mengubah pengaturan memori PHP di file wp-config.php. Anda dapat menambahkan baris berikut di bawah baris “

    define('WP_MEMORY_LIMIT', '256M');

    Jika ini tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba mengubah pengaturan memori PHP di file .htaccess dengan menambahkan baris berikut:

    php_value memory_limit 256M

    Pastikan Anda membuat salinan file wp-config.php dan .htaccess sebelum melakukan perubahan ini untuk menghindari kerusakan pada situs web Anda.

  5. Menghapus Plugin atau Tema yang Tidak Diperlukan
  6. Jika Anda masih menghadapi masalah setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba menghapus plugin atau tema yang tidak diperlukan. Kadang-kadang, plugin atau tema yang tidak digunakan dapat tetap memakan sumber daya dan menyebabkan pesan kesalahan ‘Memori Terlampaui’. Pastikan untuk mencadangkan situs web Anda sebelum menghapus plugin atau tema apa pun.

  7. Menghubungi Provider Hosting
  8. Jika semua langkah di atas gagal memperbaiki masalah, mungkin ada batasan memori yang ditetapkan oleh provider hosting Anda. Anda dapat menghubungi provider hosting Anda dan meminta mereka untuk meningkatkan batasan memori pada akun hosting Anda.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Kategori Default 'Uncategorized' di WordPress

Penutup

Pesan kesalahan ‘Memori Terlampaui’ di WordPress dapat mengganggu pengalaman pengguna dan menghambat kinerja situs web Anda. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperbaiki masalah ini dan mengembalikan situs web Anda ke kondisi normal. Penting untuk selalu memastikan bahwa plugin dan tema yang Anda gunakan dioptimalkan dengan baik dan tidak menggunakan terlalu banyak memori. Selain itu, pastikan untuk selalu mencadangkan situs web Anda sebelum melakukan perubahan signifikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memperbaiki pesan kesalahan ‘Memori Terlampaui’ di WordPress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *