Cara Membuat Widget Daftar Putar Musik di Situs WordPress

WordPress adalah platform yang populer digunakan oleh banyak pengguna untuk membuat dan mengelola situs web mereka. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah widget daftar putar musik, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik ke situs web mereka dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat widget daftar putar musik di situs WordPress Anda.

Langkah 1: Pilih Plugin

Langkah pertama untuk membuat daftar putar musik di situs WordPress Anda adalah dengan memilih plugin yang tepat. Ada banyak plugin yang tersedia di direktori plugin WordPress, tetapi salah satu yang paling populer adalah “MP3 Music Player by Sonaar”. Plugin ini memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan.

Anda dapat menginstal plugin ini dengan pergi ke Dashboard WordPress Anda, kemudian ke menu “Plugin” dan klik “Tambah Baru”. Cari plugin dengan menggunakan kata kunci “MP3 Music Player by Sonaar” dan klik “Pasang Sekarang” ketika Anda menemukannya. Setelah plugin terpasang, aktifkan plugin tersebut.

Langkah 2: Tambahkan Lagu

Setelah plugin terpasang dan diaktifkan, langkah berikutnya adalah menambahkan lagu ke daftar putar musik Anda. Untuk melakukannya, pergilah ke Dashboard WordPress Anda dan klik menu “MP3 Player”. Di sini, Anda akan melihat daftar putar kosong.

Untuk menambahkan lagu baru, klik tombol “Tambahkan Lagu Baru” dan pilih file MP3 yang ingin Anda tambahkan. Anda juga dapat memberikan judul dan deskripsi untuk lagu tersebut. Setelah itu, klik “Simpan Perubahan” untuk menyimpan lagu ke daftar putar Anda.

Langkah 3: Konfigurasi Widget

Setelah Anda menambahkan lagu ke daftar putar musik Anda, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi widget di situs WordPress Anda. Klik menu “Penampilan” di Dashboard WordPress Anda, lalu pilih “Widget”. Di sini, Anda akan melihat daftar widget yang tersedia.

BACA JUGA  Cara mengoptimalkan situs WordPress untuk kecepatan Google Core Web Vitals

Cari widget “MP3 Music Player” dan seret dan lepaskan ke area widget yang diinginkan di situs web Anda. Setelah itu, Anda dapat mengklik widget untuk mengkonfigurasi pengaturan. Anda dapat mengatur judul widget, tata letak, warna, dan banyak lagi.

Langkah 4: Tampilkan Widget

Setelah Anda mengkonfigurasi widget, langkah terakhir adalah menampilkan widget di situs WordPress Anda. Anda dapat memilih untuk menambahkannya ke sidebar, footer, atau bagian lain dari situs web Anda.

Untuk menampilkan widget di sidebar, pergilah ke menu “Penampilan” dan pilih “Widget”. Cari area sidebar di mana Anda ingin menampilkan widget dan seret dan lepaskan widget “MP3 Music Player” ke area tersebut.

Jika Anda ingin menampilkan widget di bagian lain situs web Anda, Anda dapat menggunakan kode pendek yang disediakan oleh plugin. Anda dapat menemukan kode pendek ini di halaman widget plugin di Dashboard WordPress Anda.

Kesimpulan

Dengan menggunakan plugin MP3 Music Player by Sonaar, Anda dapat dengan mudah membuat widget daftar putar musik di situs WordPress Anda. Ikuti langkah-langkah di atas untuk menginstal plugin, menambahkan lagu ke daftar putar, mengkonfigurasi widget, dan menampilkannya di situs web Anda. Dengan widget daftar putar musik ini, pengunjung situs web Anda dapat menikmati musik yang Anda pilih dengan mudah dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *