Cara membuat widget “Artikel Populer” di WordPress

Jika Anda memiliki situs web di WordPress, Anda mungkin ingin menampilkan artikel populer di sidebar atau bagian lain situs Anda. Widget “Artikel Populer” adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pembaca Anda dan mendorong mereka untuk membaca konten yang populer di situs Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat widget “Artikel Populer” di WordPress dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Langkah 1: Menginstal dan Mengaktifkan Plugin

Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin yang akan membantu Anda membuat widget “Artikel Populer”. Ada beberapa plugin yang tersedia di WordPress repository yang dapat Anda gunakan, seperti “Popular Posts Widget” atau “WordPress Popular Posts”. Anda dapat menginstal plugin ini melalui dasbor WordPress Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pilih menu “Plugin” di sisi kiri layar Anda.
  3. Klik tombol “Tambah Baru” di bagian atas layar.
  4. Cari plugin yang Anda ingin gunakan dengan memasukkan kata kunci seperti “Popular Posts Widget” atau “WordPress Popular Posts” di kolom pencarian.
  5. Setelah menemukan plugin yang Anda inginkan, klik tombol “Instal Sekarang”.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  7. Setelah instalasi selesai, klik tombol “Aktifkan” untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Langkah 2: Konfigurasi Plugin

Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi plugin sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat mengatur berbagai opsi untuk menampilkan artikel populer, seperti jumlah artikel yang akan ditampilkan, periode waktu yang dihitung dalam menentukan popularitas artikel, dan tampilan widget itu sendiri.

Untuk mengkonfigurasi plugin, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pilih menu “Tampilan” di sisi kiri layar Anda.
  3. Klik opsi “Widget”.
  4. Pilih area widget di mana Anda ingin menampilkan widget “Artikel Populer”, seperti sidebar atau footer.
  5. Klik tombol “Tambah Widget” di area widget yang Anda pilih.
  6. Cari widget “Artikel Populer” di daftar widget yang tersedia.
  7. Klik widget “Artikel Populer” untuk menambahkannya ke area widget yang Anda pilih.
  8. Konfigurasikan opsi widget sesuai dengan preferensi Anda, seperti judul widget, jumlah artikel yang akan ditampilkan, periode waktu yang dihitung dalam menentukan popularitas artikel, dan tampilan widget.
  9. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan widget.
BACA JUGA  Tema WordPress dengan Desain Minimalis

Langkah 3: Menyesuaikan Tampilan Widget (Opsional)

Jika Anda ingin menyesuaikan tampilan widget “Artikel Populer” agar sesuai dengan desain situs Anda, Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian tambahan. Beberapa plugin mungkin memberikan opsi untuk menyesuaikan tampilan widget melalui pengaturan yang disediakan. Namun, jika tidak ada opsi penyesuaian yang tersedia, Anda dapat menggunakan CSS kustom untuk mengubah tampilan widget.

Untuk menyesuaikan tampilan widget dengan CSS kustom, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda.
  2. Pilih menu “Tampilan” di sisi kiri layar Anda.
  3. Klik opsi “Penyesuaian”.
  4. Pilih opsi “CSS Tambahan”.
  5. Gunakan kode CSS untuk mengubah tampilan widget. Misalnya, Anda dapat mengubah warna latar belakang, ukuran teks, atau tata letak widget.
  6. Klik tombol “Publikasikan” untuk menyimpan perubahan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat widget “Artikel Populer” di WordPress dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menampilkan artikel populer di situs web Anda dan meningkatkan interaksi pembaca dengan konten yang populer. Ingatlah untuk menginstal dan mengaktifkan plugin yang sesuai, mengkonfigurasi plugin sesuai dengan preferensi Anda, dan menyesuaikan tampilan widget jika diperlukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *