Cara Membuat Menu di WordPress

Cara Membuat Menu Di WordPressSource: bing.com

Pendahuluan

WordPress adalah salah satu platform website yang paling populer di dunia. Dengan WordPress, Anda dapat membuat website sendiri dengan mudah dan cepat. Namun, membuat menu di WordPress bisa menjadi sedikit membingungkan bagi pemula. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial langkah demi langkah tentang cara membuat menu di WordPress.

Langkah 1: Membuat Menu Baru

Langkah pertama dalam membuat menu di WordPress adalah membuat menu baru. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:1. Login ke dashboard WordPress Anda2. Klik pada “Appearance” di sidebar kiri3. Pilih “Menus”Setelah Anda memilih “Menus”, Anda akan melihat layar baru yang menampilkan semua menu yang sudah ada. Untuk membuat menu baru, klik pada tombol “Create a new menu”.

Langkah 2: Menambahkan Item Menu

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan item menu ke dalam menu baru Anda. Item menu dapat berupa halaman, kategori, tag, atau tautan kustom. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan item menu:1. Klik pada tab “Pages” atau “Posts” untuk menambahkan halaman atau postingan ke dalam menu2. Centang kotak di sebelah item yang ingin Anda tambahkan3. Klik pada tombol “Add to Menu”4. Jika Anda ingin menambahkan kategori, tag, atau tautan kustom, pilih tab yang sesuai dan ikuti langkah yang sama seperti di atasSetelah Anda menambahkan item menu pertama ke dalam menu, Anda dapat menambahkan lebih banyak item menu dengan mengikuti langkah yang sama seperti di atas.

Langkah 3: Mengatur Menu Item

Setelah Anda menambahkan item menu ke dalam menu baru Anda, Anda dapat mengatur posisi dan hierarki dari setiap item menu. Berikut adalah cara melakukannya:1. Pindahkan item menu dengan mengklik dan menariknya ke posisi yang diinginkan2. Atur hierarki dari item menu dengan menarik item menu ke kanan atau kiri3. Untuk mengedit item menu, klik pada tanda panah di sebelah nama item menu4. Untuk menghapus item menu, klik pada tombol “Remove”

BACA JUGA  Cara Membuat Landing Page yang Menarik dengan WordPress

Langkah 4: Mengatur Lokasi Menu

Setelah Anda menambahkan item menu dan mengatur posisi dan hierarki, Anda perlu menentukan lokasi menu di website Anda. Berikut adalah cara melakukannya:1. Klik pada tab “Menu Settings”2. Pilih tautan kustom pada opsi “Primary Menu”3. Klik pada tombol “Save Menu”Setelah Anda menyimpan menu baru Anda, menu akan tampil di website Anda sesuai dengan lokasi yang Anda tentukan.

Langkah 5: Mengedit Menu

Anda dapat mengedit menu Anda kapan saja jika Anda ingin menambahkan atau menghapus item menu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengedit menu Anda:1. Login ke dashboard WordPress Anda2. Klik pada “Appearance” di sidebar kiri3. Pilih “Menus”4. Pilih menu yang ingin Anda edit5. Tambahkan atau hapus item menu yang diinginkan6. Atur posisi dan hierarki dari item menu7. Klik pada tombol “Save Menu”

Kesimpulan

Membuat menu di WordPress sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di atas. Dalam beberapa menit, Anda bisa memiliki menu di website WordPress Anda. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang baru memulai dengan WordPress. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *