Cara Membuat Halaman di WordPress

Cara Membuat Halaman Di WordPressSource: bing.com

Pendahuluan

WordPress adalah salah satu platform website paling populer dan mudah digunakan di dunia. Banyak pengguna memilih WordPress karena mudah dikustomisasi dan memiliki banyak plugin yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu fitur utama dari WordPress adalah kemampuan untuk membuat halaman. Halaman sangat berguna untuk menampilkan informasi statis seperti tentang perusahaan atau produk, kontak, atau portofolio. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat halaman di WordPress dengan mudah.

Langkah-langkah Membuat Halaman di WordPress

1. Masuk ke Dashboard WordPress

Sebelum membuat halaman, pastikan Anda telah masuk ke dashboard WordPress. Anda dapat melakukannya dengan memasukkan alamat URL website Anda di browser dan menambahkan /wp-admin setelahnya. Kemudian, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke halaman dashboard.

2. Klik Menu Halaman

Setelah Anda masuk ke dashboard, Anda akan melihat menu di sebelah kiri. Klik “Halaman” untuk melihat daftar halaman yang telah dibuat sebelumnya atau untuk membuat halaman baru.

3. Klik “Tambah Halaman Baru”

Jika Anda ingin membuat halaman baru, klik tombol “Tambah Halaman Baru”. Tombol ini akan membuka editor halaman.

4. Beri Nama pada Halaman Anda

Setelah editor halaman terbuka, Anda dapat mulai membuat halaman Anda. Pertama-tama, beri nama pada halaman Anda dengan mengetikkan judul halaman di bagian atas editor.

5. Tambahkan Konten pada Halaman

Setelah memberi nama pada halaman Anda, Anda dapat mulai menambahkan konten ke halaman tersebut. Gunakan editor untuk menambahkan teks, gambar, video, atau konten lainnya pada halaman Anda. Anda dapat mengedit teks seperti di program pengolah kata.

6. Pilih Template

WordPress menyediakan beberapa template yang dapat Anda gunakan untuk membuat halaman Anda terlihat lebih profesional. Anda dapat memilih template yang cocok untuk keperluan halaman Anda dengan memilih salah satu dari daftar template yang tersedia.

BACA JUGA  Plugin Keamanan WordPress untuk Perlindungan Maksimal

7. Tambahkan Fitur Halaman

Setiap halaman di WordPress memiliki opsi yang terdapat di sebelah kanan editor. Di sini, Anda dapat mengatur fitur halaman seperti status publik atau draft, tampilan halaman, dan lainnya.

8. Tambahkan Gambar Unggulan

Gambar unggulan adalah gambar yang ditampilkan di halaman ketika tautan ke halaman tersebut dibagikan di media sosial atau pencarian Google. Anda dapat menambahkan gambar unggulan pada halaman Anda dengan mengklik “Set Gambar Unggulan” di bawah “Fitur Halaman.”

9. Atur Opsi Publish

Setelah menyelesaikan konten dan mengatur fitur halaman, Anda dapat memilih untuk mempublikasikan halaman Anda atau menyimpannya sebagai draf. Anda dapat mengatur tanggal dan waktu publikasi halaman Anda, atau memilih untuk menerbitkan halaman Anda secara langsung.

10. Klik “Publikasikan”

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, klik tombol “Publikasikan” untuk menerbitkan halaman Anda secara online.

Cara Mengedit Halaman yang Sudah Ada

1. Masuk ke Menu Halaman

Jika Anda ingin mengedit halaman yang sudah ada, klik “Halaman” di menu di sebelah kiri.

2. Pilih Halaman yang Ingin Diedit

Pilih halaman yang ingin Anda edit dari daftar halaman yang tersedia.

3. Klik “Edit Halaman”

Setelah memilih halaman yang ingin diedit, klik tombol “Edit Halaman” untuk membuka editor halaman.

4. Edit Konten Halaman

Seperti saat membuat halaman baru, Anda dapat mengedit konten halaman dengan mudah menggunakan editor yang tersedia. Anda dapat mengubah teks, menambahkan gambar, dan mengatur fitur halaman seperti yang Anda lakukan saat membuat halaman baru.

5. Publikasikan Halaman yang Diperbarui

Setelah selesai mengedit, klik “Publikasikan” untuk menyimpan perubahan dan memperbarui halaman.

Kesimpulan

Membuat halaman di WordPress sangat mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk membuat halaman baru dan mengedit halaman yang sudah ada. Dengan fitur-fitur yang tersedia di WordPress, Anda dapat membuat halaman yang profesional dan menarik dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat halaman di situs WordPress Anda.Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Mengoptimalkan WordPress untuk Kecepatan dan Kinerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *