Cara Membuat Halaman Arsip Kustom Berdasarkan Kategori di WordPress

WordPress adalah salah satu platform blogging paling populer di dunia. Dengan WordPress, Anda dapat membuat berbagai jenis situs web, termasuk blog atau situs web bisnis. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam WordPress adalah kemampuannya untuk membuat halaman arsip kustom berdasarkan kategori.

Halaman arsip adalah halaman yang menampilkan daftar posting blog Anda secara teratur, biasanya dalam urutan kronologis terbalik. Dengan membuat halaman arsip kustom berdasarkan kategori, Anda dapat membuat halaman arsip yang lebih terorganisir dan mudah dinavigasi untuk pengunjung situs Anda.

Langkah 1: Membuat Kategori

Langkah pertama dalam membuat halaman arsip kustom berdasarkan kategori adalah membuat kategori untuk posting blog Anda. Kategori ini akan digunakan untuk mengatur dan memfilter posting blog Anda di halaman arsip.

Untuk membuat kategori baru, masuk ke dasbor WordPress Anda dan klik “Posting” di sidebar kiri. Kemudian klik “Kategori” dalam submenu yang muncul. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan kategori.

Di halaman pengaturan kategori, Anda dapat membuat kategori baru dengan memasukkan nama kategori di kotak teks yang disediakan. Setelah Anda memberikan nama kategori, klik tombol “Tambahkan Kategori” untuk membuat kategori baru.

Langkah 2: Membuat Halaman Arsip Kustom

Setelah Anda membuat kategori untuk posting blog Anda, langkah berikutnya adalah membuat halaman arsip kustom yang akan menampilkan posting blog berdasarkan kategori. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan fitur template halaman khusus WordPress yang disebut “Page Templates”.

Untuk membuat halaman arsip kustom, masuk ke dasbor WordPress Anda dan klik “Halaman” di sidebar kiri. Kemudian klik “Tambah Baru” untuk membuat halaman baru.

Pada halaman pengaturan halaman baru, Anda akan melihat opsi untuk memilih template halaman di sebelah kanan. Klik pada opsi “Page Attributes” dan Anda akan melihat daftar template halaman yang tersedia.

BACA JUGA  Cara mengganti favicon di situs WordPress

Pilih template halaman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya “Arsip” atau “Arsip Kategori”. Template ini akan memberi Anda tampilan halaman arsip kustom yang sesuai.

Langkah 3: Mengatur Kategori pada Halaman Arsip

Setelah Anda memilih template halaman arsip kustom, langkah selanjutnya adalah mengatur kategori mana yang akan ditampilkan di halaman arsip tersebut. Untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan kode kategori di dalam loop WordPress di template halaman arsip Anda.

Untuk mengatur kategori, Anda perlu masuk ke editor halaman baru yang Anda buat sebelumnya. Di sini, Anda akan melihat kode loop WordPress yang mengatur bagaimana posting blog ditampilkan di halaman arsip.

Untuk menampilkan posting blog berdasarkan kategori, Anda perlu menambahkan kode kategori ke dalam loop tersebut. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan posting blog dari kategori “Tutorial”, Anda dapat menggunakan kode berikut:

<?php if ( have_posts() ) : while ( have_posts() ) : the_post(); if ( in_category( 'tutorial' ) ) : ?>

Anda perlu menambahkan kode ini sebelum atau setelah kode yang mengatur tampilan posting blog di dalam loop. Dengan cara ini, hanya posting blog dari kategori yang Anda tentukan yang akan ditampilkan di halaman arsip.

Langkah 4: Publikasikan Halaman Arsip Kustom

Setelah Anda selesai mengatur kategori pada halaman arsip, langkah terakhir adalah mempublikasikan halaman arsip kustom Anda. Untuk melakukannya, klik tombol “Publikasikan” di sebelah kanan atas editor halaman WordPress Anda.

Setelah Anda mempublikasikan halaman arsip, Anda dapat melihatnya dengan mengklik tombol “Lihat Halaman” di sebelah tombol “Publikasikan”. Halaman arsip akan muncul dengan posting blog yang telah Anda atur berdasarkan kategori.

Sekarang Anda telah berhasil membuat halaman arsip kustom berdasarkan kategori di WordPress. Hal ini akan membantu pengunjung situs Anda menavigasi dan menemukan posting blog dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

BACA JUGA  Cara Menambahkan Teks Animasi di Situs WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *